Yuk, Buat Kreasi Brokoli yang Kaya Gizi dengan 5 Resep Ini

Posted on

Kreasi Olahan Brokoli, Pasta Brokoli

Kreasi Olahan Brokoli, Pasta Brokoli (Foto: Instagram/Nocci_Ruzago)

Tergolong sebagai makanan super, brokoli adalah salah satu sayuran yang dikemas dengan segudang manfaat kesehatan. Meski menyehatkan, sayangnya tak banyak masyarakat yang tahu bagaimana cara memasak brokoli yang tepat.

Berbagai resep olahan brokoli mungkin pernah kamu coba. Namun cara masak yang kurang tepat tentu akan melunturkan khasiat yang terkandung pada brokoli.

Khusus bagi kamu yang sedang mencari resep sehat brokoli, kumparan (kumparan.com) telah merangkum sedikitnya lima resep pilihan brokli yang bisa menjadi inspirasi kamu. Tanpa mengurangi khasiat dari brokoli, berikut resep sehat brokoli yang bisa kamu coba:

1. Brokoli Panggang

Bagi yang bosan dengan olahan brokoli yang itu-itu saja, maka kamu bisa mencoba resep brokoli panggang. Caranya mudah, kamu hanya perlu memanggang brokoli yang sudah dibumbui dengan taburan garam, lada, dan cincangan bawang putih.

Panggang sekitar 20 menit sampai brokoli berwarna sedikit kecoklatan. Untuk menambah kelezatannya, kamu bisa menaburkan parutan keju mozzarella sesaat sebelum dipanggang.

2. Salad Brokoli

Brokoli juga bisa diolah sebagai salad. Resep yang satu ini cocok bagi kamu yang suka hal praktis. Cukup mengukus brokoli yang sudah dipotong-potong selama beberapa menit, lalu angkat dan masukkan brokoli ke dalam mangkuk berukuran besar.

Tambahkan campuran bahan makanan lainnya, seperti tomat ceri, irisan bawang bombay merah, dan kismis bagi yang suka. Aduk semua bahan, lalu bumbui dengan mayonaise, lada bubuk dan parutan keju.

3. Crepes Brokoli

Selanjutnya kamu bisa membuat crepes brokoli. Ya, crepes memang identik dengan makanan manis, namun kamu bisa menyulapnya menjadi hidangan yang gurih nan lezat.

Caranya, kamu hanya perlu membuat adonan crepes dari campuran telur, tepung terigu, margarin dan air. Lalu setelah dadar crepes jadi, kamu bisa menambahkan brokoli yang sebelumnya sudah ditumis dengan minyak zaitun dan cacahan bawang putih, serta dibumbui dengan garam dan lada. Tambahkan saus keju untuk membuat isian crepes semakin lezat.

4. Sup Krim Brokoli

Mungkin yang satu ini adalah menu yang umum dalam mengolah brokoli. Tapi, bagi yang belum pernah membuatnya, kamu bisa menghaluskan brokoli terlebih dahulu dengan air kaldu yang sudah dimasak hingga matang.

Kemudian, masak brokoli diatas panci, dan tambahkan sedikit mentega, tepung, dan susu sampai tekstur sup menjadi kental dan meletup-letup. Angkat dan sajikan selagi hangat.

5. Pasta Brokoli

Apakah kamu pecinta pasta? Jika iya, maka kamu bisa membuat hidangan pasta yang lebih sehat dengan menambahkan potongan brokoli.

Pertama-tama masak pasta hingga teksturnya al dente dan di waktu yang sama, rebus potongan brokoli selama beberapa menit di dalam wadah yang sudah ditaburi dengan garam.

Lalu, tumis keduanya dengan irisan bawang putih dan bawang bombay. Taburi garam dan lada, serta tambahkan chili flakes untuk membuat rasanya semakin kuat. Juga tambahkan parutan keju bagi yang suka.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *