Yerry Mina, Barcelona, dan Mitos Kaki Telanjang

Posted on

Yerry Mina

Yerry Mina di Camp Nou (Foto: REUTERS/Albert Gea)


Perkenalan Phillipe Coutinho sebagai pemain baru Barcelona memang terbilang cukup meriah. Dengan status sebagai salah satu pemain termahal dunia, wajar jika perkenalan Coutinho sudah dipersiapkan semeriah mungkin. Tapi perkenalan Yerry Mina, pemain anyar Barca yang lain, juga tidak kalah meriahnya. Ada mitos kaki telanjang yang menyertainya.

Memasuki musim dingin 2017 ini, Barcelona mulai bergerak aktif di bursa transfer. Walau sekarang mereka semakin nyaman duduk di puncak klasemen La Liga Spanyol, serta masih memiliki peluang cukup besar untuk melaju jauh di ajang Liga Champions, bukan berarti Barca tidak ikut meramaikan bursa transfer musim dingin. Dua pemain anyar berhasil mereka rekrut pada masa transfer musim dingin 2018 ini.

Salah satu pemain yang menarik perhatian tentu adalah Coutinho. Sempat dirumorkan akan pindah dari Liverpool ke Barcelona pada musim panas 2017–meski akhirnya tidak jadi–, pemain asal Brasil tersebut benar-benar pindah pada transfer musim dingin. Tidak tanggung-tanggung, Barca menghabiskan dana sebesar 160 juta euro (sekitar Rp 2,5 triliun) untuk mengangkut Coutinho dari Liverpool.



Dengan harga yang mahal ini, acara perkenalan Coutinho di Camp Nou pun berjalan dengan cukup meriah. Kehadirannya disambut oleh para pendukung Barcelona dengan antusias yang cukup besar. Kemampuannya diharapkan dapat membantu Barca meraih banyak gelar pada musim 2017/18 ini, meski khusus untuk ajang Liga Champions, Coutinho tidak bisa bermain karena sudah pernah memperkuat Liverpool sebelumnya.



Namun untuk soal perkenalan anyar, Yerry Mina juga tidak kalah. Meski hanya direkrut dari Palmeiras dengan harga yang murah (11,8 juta euro), berbeda jauh dengan Coutinho yang mencapai ratusan juta euro, perkenalan Mina menyisakan cerita yang cukup mendalam. Saat diperkenalkan ke publik Camp Nou pada Sabtu (13/1) sore waktu setempat, Mina melakukan hal yang unik berkaitan dengan mitos kaki telanjang yang dia percayai.

Jika lazimnya para pemain diperkenalkan dengan menggunakan football gear yang lengkap (jersi, kaus kaki, dan sepatu), Mina justru memilih untuk melepaskan sepatu yang dia kenakan dan menginjak rumput Camp Nou dengan bertelanjang kaki. Sontak hal ini menimbulkan sebuah respon tersendiri dari para penggemar Blaugrana yang memadati Camp Nou.



Di balik tindakannya tersebut, ternyata pemain asal Kolombia–sekaligus menjadi pemain Kolombia pertama yang membela Barcelona tersebut–itu memiliki alasan tersendiri, alasan berupa mitos kaki telanjang. Alasan ini mungkin terdengar klise, tapi di dalamnya berisikan harapan dan juga keinginan untuk membawa Barcelona dan juga karier sepak bolanya bergerak ke arah yang lebih baik.

"Ada sebuah kepercayaan di tempat tinggal saya bahwa "Sentuhlah tanah yang kau pijak dan ingin kau kuasai dengan kaki telanjang". Di sini, saya ingin menciptakan sejarah dengan semuanya, dengan semua orang yang ada di Barcelona. Saya harap saya bisa sukses di sini," ujar Mina.

"Saya datang untuk bekerja, juga untuk berkontribusi kepada tim dan belajar banyak dari rekan setim saya. Klub ini (Barcelona) adalah klub besar dan saya bisa merasakan atmosfernya sejak saya pertama kali datang ke sini. Saya di sini untuk menciptakan sesuatu yang baik," pungkasnya.

Semoga saja mitos kaki telanjang itu benar adanya, dan Mina, yang namanya diambil dari karakter Tom and Jerry ini, bisa menjadi pemain besar di Barcelona kelak.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *