XL Axiata: Jaringan 4,5G Akan Lebih Dulu Hadir di Kota Besar

Posted on

BTS XL Axiata

BTS XL Axiata. (Foto: XL Axiata)

Perusahaan telekomunikasi XL Axiata memulai tahun 2018 ini dengan misi meningkatkan kualitas layanan internet dan data untuk pelanggannya. Salah satu upaya yang mereka lakukan adalah menyediakan jaringan 4,5G.

Rencana itu diungkap oleh Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya, dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (13/2).

"Jaringan perlu disiapkan untuk memenuhi demand, salah satunya menggunakan teknologi yang lebih bagus, misalnya 4,5G," kata Yessie.

Yessie menjelaskan, ada beberapa infrastruktur yang perlu disiapkan untuk membangun jaringan 4,5G. Infrastruktur yang dimaksud adalah teknologi 4T4R 4×4 MIMO, 256QAM, dan carrier aggregation, penambahan Base Transceiver Station (BTS) dan virtualisasi network, serta peningkatan multilayer mobile backhoule.

Jaringan 4,5G dikatakan akan segera mereka hadirkan di kota besar memiliki kebutuhan jaringan internet yang stabil, seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, hingga Bali.

"XL akan membangun 10 hingga 12 ribu BTS tahun ini, 25 persennya merupakan BTS berteknologi MIMO. Kalau dilihat dari animo pasar dan data, kita harus ada di kota-kota besar," ujar Yessie.

Yessie D. Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata

Yessie D. Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata. (Foto: XL Axiata)

Yessie menambahkan, pelanggan XL Axiata yang ingin menjajal kecepatan dan kestabilan layanan 4,5G bisa mencobanya di 20 gerai XL Center di Jakarta, yang sudah dilengkapi dengan teknologi 4,5G.

Saat ini jaringan 4G LTE XL Axiata telah menjangkau 360 kota atau kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia, ditopang oleh lebih dari 17 ribu BTS 4G dan hampir 46 ribu BTS 3G.

Sumber: Kumparan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *