Warga Petunang Keluhkan Bau Menyengat Pabrik Kelapa Sawit

Posted on

MUSIRAWAS – Warga Petunang, Kecamatan Tuah Negeri, Kabupaten Musi Rawas (Mura), mengeluhkan asap mengepul dan bau menyengat. Diduga hasil operasional pabrik buah kelapa sawit.

Krismanto (28) warga Desa Petunang Kecamatan Tuah Negeri mengatakan asap mengepul disertai bau menyengat dan suara berisik keluar dari perusahaan pengolah buah kelapa sawit yakni PT SAS. Sehingga, warga resah dan berkeluh kesah karena ketidaknyamanan yang terjadi.

"Asap mengepul dan bau menyengat hampir setiap hari dikeluhkan warga Desa Petunang dan sekitarnya. Karena operasional pabrik tidak ada hentinya," tegas Krismanto. Minggu (14/01/2018).

Menurutnya, asap mengepul dan bau menyengat itu serta suara bising keluar ketika sore dan malam hari. Sehingga, warga meminta instansi terkait khususnya Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) untuk turun melakukan pengecekan terkait keluhan warga Desa Petunang.

"Warga minta dilakukan pengecekan langsung. Karena, asap mengepul dan bau menyengat diresahkan masyarakat. Apalagi tidak ada kontribusi yang diberikan pihak perusahaan di masyarakat," jelas dia.

Hal senada dikatakan Fauzan (40) menegaskan sejak beroperasi warga Desa Petunang telah mengeluhkan adanya asap mengepul disertai bau menyengat dikeluarkan pabrik pengolahan buah kelapa sawit.

"Sudah lama warga keluhkan asap mengepul mengeluarkan bau menyengat yang terjadi. Sehingga, meminta instansi pemerintah melakukan pemeriksaan terhadap keluhan warga tersebut," pungkasnya.

Sumber: Kumparan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *