Wali Kota, Wakil Wali Kota dan Sekda Bandung Ikut Pilkada 2018

Posted on

Ridwan Kamil

Ridwan Kamil (Foto: Garin Gustavian/kumparan)

Tiga pucuk pimpinan Kota Bandung akan cuti untuk berlaga dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018. Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil memastikan roda pemerintahan tetap berjalan.

"Pengganti ini tidak usah khawatir karena sistem sudah berjalan," ujar Ridwan Kamil di Bandung, dikutip dari Antara, Jumat.

Tiga pucuk pimpinan Kota Bandung yakni wali kota, wakil wali kota, dan sekretaris daerah seluruhnya mengikuti Pilkada serentak 2018. Emil mengikuti Pilgub Jabar, sementara wakilnya, Oded M. Danial, dan Sekda, Yossi Irianto akan bertarung dalam Pilwalkot Bandung.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, dalam undang-undang telah diatur bahwa kursi pemerintahan tidak boleh kosong. Untuk posisi wali kota akan ditunjuk oleh pemerintah provinsi, sementara posisi Sekda merupakan kewenangan pemerintah kota.

Dalam prosedur penetapan pelaksana tugas sementara jabatan Sekda, Pemkot Bandung akan menyodorkan nama-nama ke pemerintah provinsi untuk meminta persetujuan.

"Jadi nanti pengganti saya dari provinsi. Kalau Sekda itu akan diganti oleh Plt, sedang dibahas di lingkungan Pemkot Bandung, lihat yang paling senior dan bisa diterima secara baik oleh ASN selama lima bulan," kata Emil.

Tak hanya itu, ia bersama Yossi (Sekda Bandung) juga telah mengajukan pengunduran diri sebagai ASN. Terlebih dalam undang-undang, pejabat publik yang ikut dalam Pilkada harus mencopot jabatannya sebagai ASN.

"Saya juga sudah mengajukan mengundurkan diri sebagai ASN di ITB, Pak Sekda juga sudah. Jadi jangan khawatir, roda pemerintah berjalan sesuai dengan aturan," ucap cagub yang diusung PKB, PPP, Nasdem dan Hanura itu.


Sumber: Kumparan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *