Survei LPP UI: Nurdin Abdullah Paling Banyak Dipilih

Posted on

Gus Ipul, Anas, Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman

Gus Ipul, Anas, Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman (Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Laboratorium Psikologi Politik Universitas Indonesia (LPP UI) melakukan survei opini tokoh untuk calon Gubernur Sulawesi Selatan dalam Pilgub 2018. Hasilnya, Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah menjadi kandidat paling banyak dipilih ketimbang beberapa nama lain.

Dari hasil survei diketahui Nurdin dianggap unggul dalam hampir semua aspek. Semisal kapasitas sebagai pemimpin hingga karakter personal. “Dari keseluruhan aspek, hasil survei ini menunjukkan bahwa NA, secara konsisten memimpin dari semua calon yang dinilai” kata Pemimipin LPP UI, Hamdi Muluk, dalam keterangan yang diterima kumparan (kumparan.com), Minggu (15/10).

Hamdi mengatakan, dalam simulasi terbuka tanpa memberikan nama tokoh, Nurdin Abdullah adalah nama yang pertama kali disiebut responden dengan elektabilitas 62,9 persen. Kemudian muncul nama Ketua Harian Partai Golkar Nurdin Halid yang disebut 9,1 persen responden dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Agus Arifin Nu’mang dengan 9,1 persen responden.

Survei LPP UI ini melibatkan 196 pakar yang berlatar belakang beragam. Mulai dari akademisi, politisi, hingga wartawan. Namun, tidak disebutkan waktu berlangsungnya survei dan domisili responden.

Hamdi menjelaskan, para responden diminta menilai 10 tokoh yang telah dipilih melalui focus group discussion para pakar sebelum survei dilakukan. Tokoh yang dinilai Nurdin Abdullah, Nurdin Halid, Agus Arifin Nu’mang, Aliyah Mustika Ilham, Abdullah Aziz Qahhar Mudzakkar, Ichsan Yasin Limpo, Andi Mudzakkar, Ni'matullah, Abdul Rivai Ras dan Tanribali Lamo. Para tokoh ini dipilih berdasarkan kriteria rekam jejak dan prestasi. Ada pula beberapap tokoh yang dipilih karena telah mendeklarasikan diri untuk maju sebagai calon Gubernur Sulsel.

Penetapan Cagub-Cawagub Sulsel dan Jatim PDIP

Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)

Melalui simulasi pertanyaan terbuka, hasil survei ini juga mengungkapkan, masing-masing ada dua tokoh yang paling direkomendasikan dan tiga tokoh yang paling tidak direkomendasikan oleh pakar untuk menjadi Gubernur Sulawesi Selatan. Untuk tokoh yang paling direkomendasikan oleh pakar, pada prioritas pertama Nurdin Abdullah dipilih oleh 73,44 persen pakar, sisanya adalah nama-nama lain. Pada prioritas kedua, Agus Arifin Nu’mang dipilih oleh 41,94 persen pakar, sisanya adalah nama-nama lain. Sedangkan untuk prioritas ketiga juga diisi oleh Agus Arifin Nu’mang 18 persen responden, sisanya adalah nama-nama lain.

Lebih lanjut, pada prioritas pertama untuk tokoh yang paling tidak direkomendasikan pakar untuk menjadi Gubernur Sulawesi Selatan adalah Nurdin Halid. Nurdin dipilih oleh 38,6 persen responden. Pada prioritas kedua, Ichsan Yasin Limpo yang ipilih oleh 29,7 persen responden. Sedangkan pada prioritas ketiga adalah Ni’matullah yang dipilih oleh 25.5 persen responden.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *