Strive Masiyiwa Jadi Miliarder Pertama Zimbabwe

Posted on

Strive Masiyiwa

Strive Masiyiwa (Foto: AFP/Frank Agustein)

Taipan telekomunikasi, Strive Masiyiwa, telah menjadi miliarder pertama Zimbabwe. Dilansir dari Forbes, Masiyiwa (57) saat ini memiliki kekayaan senilai USD 1,7 miliar atau Rp 22,6 triliun.

Masiyiwa merupakan pengendali Econet Group, perusahaan telepon seluler publik di Zimbabwe yang juga memiliki investasi di bidang jasa keuangan, asuransi, e-commerce, energi terbarukan, dan pendidikan. Econet juga memiliki saluran televisi berbayar, Kwesé TV, yang berkompetisi dengan DSTV milik Naspers di Afrika.

Nilai saham perusahaan telah melonjak sepanjang 2017. Pada bulan Juli tahun lalu misalnya, Liquid Telecom, anak perusahaan Econet Group berhasil meraup USD 700 juta dalam bentuk paket pinjaman dan pinjaman berjangka dari pemodal internasional.

Strive Masiyiwa mendirikan Econet pada tahun 1993 dan diberi lisensi oleh pemerintah Zimbabwe pada tahun 1998, pada saat 70% penduduk negara tersebut belum terlalu mengenal telpon seluler.

Masiyiwa dan istrinya, Tsitsi, juga merupakan pendiri Higher Life Foundation yang membayar biaya sekolah untuk lebih dari 40.000 siswa di tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Atas dan tingkat lanjut.

Pada bulan Februari 2013, mereka mendirikan Ambassador Andrew Young Scholarship, yang menyiapkan dana beasiswa USD 6,4 juta agar bisa mengirim siswa Afrika untuk masuk Morehouse College di Amerika Serikat.

Sumber: Kumparan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *