Real Madrid Kalahkan PSG 3-1

Posted on

Cristiano Ronaldo

Selebrasi Ronaldo usai menjebol gawang PSG. (Foto: Sergio Perez / Reuters)

Paris Saint-Germain nyatanya bukan lawan seimbang Real Madrid. Bertanding pada leg I 16 besar Liga Champions di Santiago Bernabeu, Kamis (15/2/2018) dini hari WIB, Madrid meraih kemenangan dalam laga yang berakhir dengan skor 3-1.

PSG unggul lebih dulu melalui gol Adrien Rabiot pada menit ke-28. Gol tersebut tak bertahan hingga laga usai karena Madrid mencetak tiga gol balasan melalui Cristiano Ronaldo (45' & 83') dan Marcelo (86'). Dengan hasil ini, Madrid hanya butuh skor imbang saat melakoni leg II.



Zinedine Zidane mengejutkan banyak pihak ketika hanya menaruh Gareth Bale di bangku cadangan. Selain membangkucadangkan Bale, keputusannya untuk memainkan Nacho Fernandez sebagai bek kanan juga menuai pertanyaan.

Di sisi lain, PSG melakukan banyak perubahan. Skema 4-3-3 kembali digunakan oleh Unai Emery. Dalam skema ini, trio Neymar, Edinson Cavani, dan Kylian Mbappe lagi-lagi dipilih untuk menjadi trio di lini depan.

Bermain di hadapan pendukung tuan rumah tidak membuat PSG memilih untuk bertahan. Sejak laga dimulai, mereka terus memberikan tekanan dan penjagaan agar permainan Madrid tak bisa berkembang.

Pola tersebut membuat PSG mendapatkan beberapa kesempatan untuk mencetak gol. Memanfaatkan kesalahan pemain-pemain Madrid di lini belakang, PSG memiliki peluang yang nyaris mengubah keadaan.

Madrid sendiri bukan tanpa peluang. Pada menit ke-28, Ronaldo hampir membuat skor berubah. Menerima umpan Marcelo dari sisi kanan pertahanan PSG, sepakan Ronaldo bisa saja berbuah gol andai tak dihalau oleh Alphonse Areola.

Melalui sebuah serangan yang begitu cermat, PSG mengubah kedudukan. Berawal dari sebuah umpan silang di sisi kiri pertahanan Madrid, Rabiot melepaskan sepakan terarah yang tak mampu dihalau oleh Keylor Navas.

Skor tersebut tak bertahan hingga babak pertama berakhir. Pelanggaran Giovani Lo Celso terhadap Toni Kroos membuat wasit menunjuk titik putih. Ronaldo yang menjadi eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk menyamakan skor.



Pada babak kedua, PSG mencoba bermain lebih rapi. Buruknya kombinasi Kroos, Luka Modric, dan Casemiro coba dieksploitasi oleh PSG. Pun demikian dengan buruknya penampilan dua bek sayap Madrid, Nacho dan Marcelo, yang cenderung fokus pada Neymar dan Mbappe.

Pilihan tersebut membuat PSG nyaris menciptakan beberapa peluang.Tekanan demi tekanan yang dilakukan oleh PSG mengharuskan Madrid untuk berbenah. Zidane memasukkan Bale, Lucas Vazquez, dan Marco Asensio untuk menggantikan Karim Benzema, Casemiro, dan Isco.

Perubahan yang dilakukan oleh Zidane berjalan tepat. Kreativitas yang pada awal babak kedua hilang, kembali muncul. Madrid bahkan mampu mencetak dua gol pada waktu tersisa.

Gol kedua Real Madrid terjadi pada menit ke-83. Berawal dari umpan silang Asensio, Ronaldo dengan mudah mencetak gol ke gawang Areola, yang sudah mati langkah.

Tak lama setelah gol tersebut, Madrid kembali mencetak angka. Menerima umpan Asensio, kali ini giliran Marcelo yang mencatatkan namanya di papan skor, setelah sepakan volinya tak mampu diantisipasi oleh Areola. Gol tersebut menjadi yang terakhir. Skor 3-1 menjadi penutup laga ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *