Rangkum 14 Januari 2018: Fredrich Ditahan, Polemik Mahar, hingga PSSI

Posted on
Selamat pagi, selamat berakhir pekan, pembaca setia kumparan. Agar kamu tidak ketinggalan berita, seperti biasa, kami merangkum berbagai informasi seputar peristiwa yang terjadi kemarin, 13 Januari 2018.

1. Fredrich Yunadi Ditahan KPK

Fredrich Yunadi ditahan KPK

Fredrich Yunadi ditahan KPK. (Foto: Adhim Mugni Mubaroq/kumparan)

Penyidik KPK resmi menahan Fredrich Yunadi. Mantan pengacara Setya Novanto itu ditahan usai menjalani pemeriksaan sekitar 11 jam setelah ia ditangkap. Ia adalah tersangka kasus dugaan menghalangi penyidikan KPK.

Fredrich terlihat keluar dari gedung KPK pada sekitar pukul 10.57 WIB. Ia nampak sudah memakai rompi tahanan KPK berwarna oranye.

Juru bicara KPK Febri Diansyah membenarkan soal penahanan tersebut. Fredrich akan ditahan di rutan KPK gedung Merah Putih.

2. BI melarang Penggunaan Mata Uang Virtual

Ilustrasi Bank Indonesia

Ilustrasi Bank Indonesia (Foto: Reuters / Fatima El-Kareem)

Bank Indonesia (BI) kembali menegaskan bahwa mata uang virtual, termasuk Bitcoin, tidak diakui sebagai alat pembayaran yang sah. Sehingga dilarang digunakan sebagai alat pembayaran di Indonesia.

Hal tersebut sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang (UU) No 7 tahun 2011 tentang Mata Uang yang menyatakan bahwa mata uang adalah uang yang dikeluarkan oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia dan setiap transaksi yang mempunyai tujuan pembayaran, atau kewajiban lain yang harus dipenuhi dengan uang, atau transaksi keuangan lainnya yang dilakukan di Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia wajib menggunakan rupiah.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Agusman mengatakan, kepemilikan virtual currency ini sangat berisiko dan sarat akan spekulasi. Apalagi tak ada otoritas yang bertanggung jawab untuk mengatur uang virtual, tidak terdapat administrator resmi, tidak terdapat underlying asset yang mendasari harga virtual currency, serta nilai perdagangan yang sangat fluktuatif. Ini berisiko penggelembungan (bubble) serta rawan digunakan sebagai sarana pencucian uang dan pendanaan terorisme.

3. Piala Indonesia Diikuti 128 Tim, Juara Lolos ke AFC Cup

Kongres PSSI 2018 di ICE BSD

Kongres PSSI 2018 di ICE BSD. (Foto: Nugroho Sejati/kumparan)

Dua agenda Kongres Tahunan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) 2018 telah selesai digelar. Ada dua agenda yang dibahas di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong, Tangerang, Banten, Sabtu (13/1/2018) ini.

Pertama yakni Kongres Luar Biasa (KLB) yang membahas mengenai pengesahan amandemen yang dilakukan sesuai statuta PSSI. Berlanjut kemudian ke Kongres Biasa yang membahas laporan kegiatan dan keuangan selama 2017, program strategis dan kerja sama PSSI untuk 2018 serta regulasi kompetisi lainnya.

Pada Kongres Biasa, PSSI memastikan bahwa Piala Indonesia akan kembali dihelat pada musim depan setelah lama vakum. PSSI pun memastikan bahwa juara dari turnamen tersebut akan mewakili Indonesia ke putaran final AFC Cup.

Baca berita selengkapnya di sini.

4. 3 Orang Tewas Saat Terios Dihajar Kereta di Pondok Ranji

Terios rusak ditabrak kereta di Pondok Ranji

Terios rusak ditabrak kereta di Pondok Ranji. (Foto: dok. Istimewa)

3 Orang tewas dalam kecelakaan antara kereta api dengan Daihatsu Terios di Pondok Ranji, Ciputat, Tangsel. Korban meninggal di lokasi akibat luka-luka yang dialami.

Kecelakaan terjadi ketika Terios hendak menyeberang perlintasan kereta sekitar pukul 04.00 WIB. Diduga sopir menerobos perlintasan kereta api.

Dalam keterangannya kepada kumparan (kumparan.com), Sabtu (13/1), Kasat Lantas AKP Lalu Hedwin menjelaskan, penyebab kecelakaan ini masih diselidiki.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Brigjen (Purn) Pol Siswandi Mengaku Diminta Mahar PKS di Cirebon

Ilustrasi Uang dan DPR

Ilustrasi Uang dan DPR (Foto: Muhammad Faisal Nu'man/kumparan)

Polemik mengenai isu mahar dalam kontestasi Pilkada Serentak 2018 terus menghangat. Setelah, La Nyalla yang mengaku dimintai mahar oleh Ketum Gerindra Prabowo Subianto, kini muncul calon kandidat lain yang membuka suara.

Pasangan Brigjen Pol (purn) Siswandi dan Euis Fety Fatayati yang diusung oleh koalisi umat itu gagal maju di Pemilihan Wali Kota-Wakil Wali Kota Cirebon, Jawa Barat. Penyebabnya, karena salah satu partai pengusung meminta mahar miliiaran rupiah.

"Terima kasih kepada partai pengusung koalisi umat khususnya Gerindra dan PAN yang tidak meminta mahar sedikitpun," kata Siswandi seperti dikutip dari Antara, Sabtu, (13/1).

6. Banjir Rendam Empat Desa di Kabupaten Boalemo, Gorontalo

Banjir rendam 4 desa di Kabupaten Boalemo

Banjir rendam 4 desa di Kabupaten Boalemo. (Foto: dok. BNPB)

Hujan deras yang mengguyur Provinsi Gorontalo menyebabkan banjir di sejumlah tempat. Hujan yang terjadi selama 2 jam membuat sungai meluap hingga menyebabkan banjir.

Bencana alam tersebut ikut merendam ratusan rumah di empat desa di Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo.

"Laporan menyebut banjir mulai merendam Desa Harapan, Desa Mutiara, Desa Mekarjaya, dan Desa Mustika pada Jumat (12/1) pukul 16.00 WITA," ujar Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/1).

Baca berita selengkapnya di sini.

7. Jelang Kedatangan Paus, Sejumlah Gereja di Cile Dilempar Bom Molotov

Protes di gereja di Cile jelang kedatangan Paus.

Protes di gereja di Cile jelang kedatangan Paus. (Foto: REUTERS/Cristobal Saavedra Vogel)

Jelang kedatangan Paus Fransiskus ke Cile beberapa gereja di negara tersebut dilempari bom molotov. Perusakan dilakukan pendemo yang menentang kedatangan pemimpin gereja katolik dunia tersebut.

Serangan dilakukan di ibu kota Cile, Santiago. Tidak cuma perusakan, mereka juga mengirimkan pesan ancaman kepada Paus.

"Bom selanjutnya akan ada di jubahmu," tulis ancaman tersebut, seperti dikutip dari Al Jazera, Sabtu (13/1).

Baca berita selengkapnya di sini.

Baca juga rangkum yang lainnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *