Ramai Kuis 'Nasihat Ibu Susi' di Facebook, Waspada Data Dimanfaatkan

Posted on

Kuis 'Nasihat Ibu Susi' di Facebook

Kuis 'Nasihat Ibu Susi' di Facebook.. (Foto: Screenshot Facebook)

Beberapa waktu lalu, kita masih ingat bagaimana linimasa Facebook diramaikan oleh kuis-kuis lucu yang dibuat oleh Vonvon. Kini, ada lagi yang baru, yaitu 'Nasihat Ibu Susi', di mana kamu akan mengunggah foto yang seolah-olah sedang mengobrol di aplikasi WhatsApp dengan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti.

Beberapa teman di Facebook tampak sedang ramai-ramai menjajal kuis 'Nasihat Ibu Susi' yang diciptakan oleh sebuah platform bernama Meow-Share. Situs Meow-Share diketahui memang mengkhususkan diri pada pembuatan kuis lucu-lucuan saja untuk mendapatkan keuntungan dari iklan di dalam platform-nya.

Nasihat-nasihat itu pun beragam isinya, mulai dari soal percintaan, kehidupan, jodoh, hingga jomblo. Banyak orang yang iseng menjajal fitur Meow-Share itu untuk sekadar lucu-lucuan mendapatkan nasehat dari Susi Pudjiastuti.

Kuis 'Nasihat Ibu Susi' di Facebook

Kuis 'Nasihat Ibu Susi' di Facebook. (Foto: Screenshot Facebook)

Tapi, seperti Vonvon, ada bahaya yang mengintai data milik para pengguna Facebook yang melakukan kuis ini. Saat kita mau mencoba kuis tersebut, kamu bakal mendapatkan pemberitahuan mengenai kesediaan membagikan informasi seperti nama, foto profil, usia, gender, bahasa, negara asal, dan informasi publik lainnya kepada Meow-Share.


Hindari Memberi Komentar dan Like di Postingan 'Nasihat Ibu Susi'

Menurut pakar keamanan siber dari perusahaan Vaksincom, Alfons Tanujaya, kamu bakal memberikan informasi dan akses teman Facebook yang memberikan komentar atau like di postingan kamu tentang 'Nasihat Ibu Susi' kepada Meow-Share.

"Jadi, pengguna Meow Share secara tidak langsung membahayakan teman Facebook-nya tanpa ia sadari karena memberikan akses data temannya tanpa izin ke aplikasi," kata Alfons, saat dihubungi oleh kumparan (kumparan.com), Kamis (23/11).

'Nasihat Ibu Susi' di Facebook

Kuis 'Nasihat Ibu Susi' di Facebook. (Foto: Screenshot Facebook)

Alfons menggarisbawahi data yang dimaksud di sini adalah data profil pengguna Facebook. Walau begitu, Alfons mengimbau netizen untuk tidak memberikan komentar atau like pada kuis apapun di luar Meow-Share untuk menghindari diambilnya data profilmu.

"Informasi profiling adalah harta berharga di dunia digital. Profil Anda dihargai sangat tinggi oleh pengiklan dan mereka rela membayar tinggi untuk mendapatkan sebanyak mungkin informasi ini," paparnya.


Meow-Share Dapat Untung dari Iklan

'Nasihat Ibu Susi' dari Meow-Share sendiri menurut Alfons bukanlah kuis seperti yang dilakukan Vonvon, karena sejatinya bentuk layanan ini adalah pop up yang telah dipersiapkan terlebih dahulu. Jadi, sudah disiapkan gambar yang menampilkan berbagai obrolan dalam aplikasi pesan bersama Susi, kemudian namanya akan disesuaikan dengan nama kamu.

Keuntungan finansial yang didapat Meow-Share dari fitur ini adalah iklan yang tampil setiap kali ada orang yang mengakses konten tersebut. Meow-Share sengaja menggunakan sosok Susi yang populer sehingga mampu menjaring pengguna yang lebih banyak.

Memang tidak ada bahaya seperti virus atau malware dari dalam layanan ini, tapi kalau kamu ingin menjaga baik-baik data profil Facebook milikmu, maka sebaiknya hindari 'Nasihat Ibu Susi'.

Pada akhirnya, fitur ini memang ditujukan untuk sekadar lucu-lucuan dan iseng saja agar kamu terlihat mendapatkan nasehat dari Susi Pudjiastuti. Entah apa faedahnya, tapi mungkin orang-orang yang menggunakan fitur ini memang iseng saja dan ingin membuat konten yang lucu di laman Facebook mereka.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *