Puasnya Guardiola Bisa Menang Telak atas Basel

Posted on

Pep Guardiola

Guardiola merasa musim ini lebih baik bagi City. (Foto: REUTERS/Phil Noble)

Kemenangan Manchester City atas FC Basel 0-4 pada leg I babak 16 besar Liga Champions 2017/18 disambut gembira oleh semua orang di balik The Citizens. Tak terkecuali manajer mereka, Josep Guardiola.

Wajar jika Guardiola begitu gembira. Untuk meraih kemenangan telak dalam pertandingan yang digelar di St. Jakob Park, Rabu (14/2/2018) dini hari WIB, ia bahkan rela menurunkan skuat utamanya yang belum genap empat hari beristirahat.



Dari 11 pemain yang dipilih oleh Guardiola untuk menjadi starter, perubahan hanya ia lakukan di dua pos, yakni pada pos bek tengah yang kembali diisi oleh Vincent Kompany dan gelandang tengah yang dipercayakan kepada Ilkay Guendogan.

Keputusan Guardiola untuk memainkan tim reguler City berbuah manis. Sepanjang pertandingan, mereka terus memberikan tekanan dan membombardir pertahanan lawan. Hingga pada akhirnya, empat gol berhasil mereka ciptakan.

City menutup babak pertama pertandingan ini melalui gol-gol Guendogan, Bernardo Silva, and Sergio Aguero. Kemenangan City disempurnakan oleh sepakan jarak jauh Guendogan saat babak kedua belum genap berjalan 10 menit.

Tak hanya secara skor, keunggulan City juga terlihat dari dominasi mereka di penguasaan bola hingga jumlah percobaan ke gawang lawan. Mereka menguasai 74% penguasaan bola dan membukukan 12 percobaan ke gawang lawan.



Atas kemenangan ini, peluang City ke babak delapan besar kian besar. Pada leg II yang rencananya bakal digelar di Etihad Stadium, Kamis (8/3) dini hari WIB, City hanya butuh hasil imbang.

“Ini hasil yang begitu luar biasa. Dengan kemenangan ini, langkah kami menuju babak delapan besar kian besar. Meski kami masih harus menjalani leg II dengan sungguh-sungguh, bagi saya ini adalah hasil yang istimewa,” kata Guardiola kepada BT Sport.

“Di Premier League dan Liga Champions, kami punya peluang cukup besar. Begitu pula dengan kesempatan kami di Piala Liga dan Piala FA. Meski saat ini masih Februari, saya merasa bahwa perjalanan kami musim ini begitu mengesankan,” pungkasnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *