Permen Mint Justru Buat Nafas Makin Tidak Segar

Posted on

Ilustrasi permen karet

Hindari konsumsi permen karet (Foto: thinkstock)

Tidak sedikit yang percaya bahwa permen mint dapat mengurangi aroma tak segar dari mulut. Namun ternyata, permen mint berdampak buruk bagi kesehatan.

Bukannya menghilangkan bau mulut, mengonsumsi permen mint dalam jangka panjang justru membuat nafas makin tidak segar. Mengapa? Hal ini disebabkan oleh gula yang terkandung di dalamnya.

"Kebanyakan makan permen mint sebenarnya memberi makan pada bakteria yang menimbulkan halitosis (bau mulut). Dalam jangka panjang tidak hanya membuat nafas makin tak segar, tapi juga gigi berlubang," ujar Drg.Raha Sepehrara dilansir Metro, Minggu (14/1).

Ketika mengunyah permen mint, mulut akan menghasilkan reaksi kimia yang mengubah gula di air liur menjadi zat asam. Zat asam ini tidak hanya dapat membuat gigi keropos, tapi juga menghasilkan aroma tak segar.

Bila ingin menghilangkan bau mulut dengan permen mint, pilihlah permen bebas gula. Namun, ini bukan solusi permanen. Lebih baik segera konsultasikan pada dokter gigi untuk mengatasi masalah secara mendalam.

Tidak hanya itu, solusi lain yang dapat dilakukan ialah rajin membersihkan gigi dan lidah setiap hari. Mengonsumsi makanan seperti mentimun, roti gandum, keju, hingga yogurt juga menambah kesegaran nafas. Bahkan, rajin minum dan berkumur dengan air putih bisa membersihkan bakteri pada mulut.

Sumber: Kumparan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *