Penanaman Seribu Mangrove di Banda Aceh

Posted on

Gerakan tanam 25 pohon Seumur Hidup di Aceh

Gerakan tanam 25 pohon Seumur Hidup di Aceh. (Foto: Zuhri Noviandi/kumparan)

Ratusan peserta dari berbagai elemen masyarakat dan komunitas di Banda Aceh ikut menyemarakkan aksi Gerakan Tanam 25 Pohon Seumur Hidup yang digalakkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH), Minggu (14/1). Di Banda Aceh aksi penanaman pohon itu dipusatkan di kawasan pantai Alue Naga, dengan menanam sebanyak 1.000 pohon mangrove.

Kepala Balai Pengolahan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Krung Aceh, Ahmad Sofyan, mengatakan aksi penanaman pohon tersebut merupakan implementasi kegiatan dari kementerian LHK yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. Banda Aceh merupakan salah satu kota terpilih untuk melaksanakannya.

"Ini adalah instruksi dari pusat, Banda Aceh sebagai salah satu kota terpilih maka ikut menyemarakkan dengan menanam sebanyak 1.000 pohon mangrove," katanya.

Aksi penanaman pohon kali ini, kata Ahmad, dipusatkan di kawasan Pantai Alue Naga dikarenakan kawasan tersebut rencananya akan dijadikan tempat destinasi wisata edukasi mangrove. Dalam aksi itu, pihaknya menggaet sebanyak 400 peserta dari berbagai kalangan komunitas dan masyarakat.

"Rencana kawasan pantai Alue Naga ini kedepannya akan kita jadikan kawasan destinasi edukasi wisata mangrove di kota Banda Aceh," ucapnya.

Gerakan tanam 25 pohon Seumur Hidup di Aceh

Gerakan tanam 25 pohon Seumur Hidup di Aceh. (Foto: Zuhri Noviandi/kumparan)

Ahmad mengatakan, BPDAS Krung Aceh pada 2017 lalu telah menanam sebanyak 13.000 batang, dan aksi penanaman itu akan terus dikembangkan. Selama 2018 pihaknya bercita-cita bersama dengan komunitas tsunami akan menanam sebanyak 14.000 pohon.

"Semua ini kita lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan yang ada di Banda Aceh. Sebagaimana diketahui pasca tsunami Banda Aceh adalah daerah yang rawan bencana. Maka dengan menanam pohon ini selain dijadikan sebagai untuk mitigasi bencana juga untuk melestarikan lingkungan," ujarnya.

Gerakan tanam 25 pohon Seumur Hidup di Aceh

Gerakan tanam 25 pohon Seumur Hidup di Aceh. (Foto: Zuhri Noviandi/kumparan)

Penanaman ini serentak dilaksanakan di sembilan kota di Indonesia, di antaranya Medan, Padang, Lampung Timur, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Makassar dan Banda Aceh dengan total yang ditanaman sebanyak 10.000 batang mangrove

Sementara itu, salah seorang peserta Meliani Putri, mengaku senang bisa ikut bergabung dalam aksi penanaman 1.000 pohon tersebut. Ia menilai dengan menanam pohon maka bisa memberi mamfaat bagi seluruh masyarakat.

"Dengan menanam pohon ini tidak hanya bermamfaat untuk kita tetapi bagi seluruh masyarakat dan orang banyak," tutur mahasiswi Ilmu Pertanian Universitas Syiah Kuala itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *