New York Tetapkan 6 Desember sebagai "Hari Andrea Pirlo"

Posted on

Andrea Pirlo

Andrea Pirlo di NYC FC. (Foto: New York City FC)

Siapa yang tak kenal New York? Kota dengan populasi terbanyak di Amerika Serikat (AS) dan juga salah satu kota metropolitan terbesar di dunia. Tapi kebesaran kota yang terletak di bagian timur AS itu tak ada apa-apanya dibanding sosok Andrea Pirlo.

Buktinya, New York kini menyediakan hari untuk memperingati maestro sepak bola asal Italia itu. Keputusan tersebut dicanangkan oleh Bill De Blasio selaku Wali Kota New York. Pria berusia 56 tahun itu menetapkan 6 Desember sebagai "Hari Andrea Pirlo".

Tentu saja Blasio bukan tanpa alasan mencanangkan hal tersebut. Tiga musim Pirlo memperkuat New York City FC (NYCFC), hingga akhirnya memutuskan pensiun di akhir musim lalu.

Sementara itu Pirlo tak bisa menutupi rasa bangganya saat mendapatkan apresiasi tersebut. Seperti yang diungkapkan dalam akun Instagram miliknya.


"Saya tidak bisa lebih bersyukur dan senang menjadi bagian dari perayaan hari ini. New York bukan hanya kota yang indah di mana saya telah memutuskan untuk pensiun, inilah kota di mana orang bekerja keras setiap hari untuk mencapai tujuan mereka," tulis Pirlo.

Setelah sukses memboyong tujuh trofi termasuk empat Scudetto bersama Juventus, pemain yang juga pernah berseragam Inter Milan dan AC Milan itu kemudian memilih New York City FC.

"Saya sangat bangga bisa menginspirasi semua pemuda dan untuk menunjukkan kepada mereka bahwa setiap orang pantas mewujudkan mimpinya. Terima kasih Wali Kota De Blasio atas kesempatan mengagumkan ini," tutup Pirlo.

Sejatinya kehadiran Pirlo bukan cuma mengangkat sepak bola di lingkup New York saja, melainkan juga Major League Soccer (MLS) secara keseluruhan. Betapa tidak, di musim 2015 lalu, Pirlo berhasil menjadi pemain MLS pertama yang berhasil masuk dalam nominasi FIFPro World XI.

Memang Pirlo tak memberikan gelar apapun pada NYCFC. Pencapaian terbaiknya hanyalah saat mengantar klub yang bermarkas Yankee Stadium itu cuma finis sebagai runner-up di akhir musim.

Namun terlepas dari semua itu, Pirlo telah mendatangkan efek yang signifikan bagi New York–bahkan higga lingkup MLS. Sekaligus membuktikan jika Pirlo memang bisa memberi pengaruh besar di mana pun dia berada.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *