Mirip Tangga Freemasonry, Tugu di DPRD Madiun Jadi Sorotan Warganet

Posted on

Tugu mirip tangga Freemasonry.

Tugu mirip tangga Freemasonry. (Foto: Dok. Cak Patto Made)

Baru-baru ini warganet dihebohkan dengan viralnya foto sebuah tugu yang berdiri di depan kantor DPRD Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Sekilas, tak ada yang aneh dari bangunan tugu yang disebut-sebut bernama "Tugu Demokrasi" itu.

Bangunan berbahan dasar marmer itu jadi viral setelah warganet banyak menyebut bentuknya hampir menyerupai "Tangga Tahapan Kedudukan" dalam konsep Organisasi Freemasonry.

kumparan (kumparan.com) pertama kali mendapati foto tersebut dari akun facebook Cak Pato Made, pada Kamis (7/12). Akun itu mengunggah foto "Tugu Demokrasi" yang disandingkan dengan gambar tangga Freemasonry. Warganet pun ramai-ramai membanjiri kolom komentar unggahan tersebut, penasaran ingin mengetahui kebenarannya.

kumparan lalu mengkonfirmasi tugu yang viral itu kepada Joko Setijono, selaku ketua DPRD Kabupaten Madiun. Ternyata, meski tugu di depan kantornya itu sudah banyak diperbincangkan warganet, Joko mengaku dirinya tak tahu menahu perihal cerita di balik desain tugu tersebut.

“Awalnya aspirasi DPRD adalah membuat tugu dengan tema taman demokrasi. Karena kita bukan ahlinya, lalu kita serahkan pembangunannya ke dinas PU,” kata Joko kepada kumparan pada Kamis (7/12) malam.

“Mulai perencanaan desain hingga anggaran semuanya ada disana, PU pun menunjuk konsultan untuk mengerjakan desain dari tugu itu,” lanjut Joko.

Mengetahui foto tugu yang dianggap mirip tangga Freemansory tersebut sudah viral di media sosial, Joko mengaku pihaknya sudah melakukan koordinasi lebih lanjut dengan pihak PU. “Kami sudah meminggil Dinas PU untuk membicarakan mengenai tugu ini dan kami sudah meminta untuk melakukan desain ulang,” ujarnya.

“Saya mewakili lembaga meminta maaf kepada masyarakat atas ketidaktahuan kami tentang hal itu,” tutup Joko.

Instruksi untuk mendesain ulang tugu tersebut sepertinya sudah mulai dikerjakan. Hal ini merujuk pada Informasi terbaru yang kumparan peroleh dari akun media sosial Facebook Pakdhe Ae yang mengunggah foto terkini kondisi tugu tersebut. Dalam foto itu, terlihat seorang pria sedang membongkar sedikit demi sedikit bagian tugu itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *