Menulis To-Do List Bantu Kamu Tidur Lebih Cepat, Kok Bisa?

Posted on

Ilustrasi Menulis Daftar

Ilustrasi menulis daftar. (Foto: Dok. Pixabay)

Punya masalah tidur? Kamu bisa mengatasinya dengan menulis daftar kegiatan untuk besok selama lima menit saja sebelum tidur.

Dalam Journal of Experimental Psychology yang terbit pada Bulan Januari, sebuah penelitian menunjukan bahwa peserta studi yang menulis daftar kegiatan lima menit sebelum tidur bisa tidur lebih cepat.

Menurut peneliti, hal ini dikarenakan dengan menulis daftar kegiatan, kamu bisa mengurangi beban sebelum tidur.

“Kegiatan yang harus kita lakukan rasanya terus bertambah banyak dan kita mengkhawatirkan hal yang belum kita selesaikan ketika kita mau tidur,” kata Michael Scullin, kepala Baylor’s Sleep Nauroscience and Cognition Laboratory, dilansir Live Science.

“Kebanyakan orang hanya memikirkan apa yang harus mereka lakukan, karena itu kami ingin melihat apakah menulis daftar kegiatan bisa membantu mereka yang sulit tidur.”

Sulit tidur pada wanita

Sulit tidur pada wanita. (Foto: Pexels)

Untuk menguji coba hipotesis ini, peneliti mengundang 57 orang pria dan wanita berusia antara 18 sampai 30 tahun dan tidur selama satu minggu di sebuah sleep lab.

Lampu akan dimatikan pada pukul 22.30 malam, dan gadget, tugas sekolah, atau hal lain yang bisa mengganggu konsentrasi, tidak diperbolehkan untuk dioperasikan.

Lima menit sebelum tidur, mereka diminta untuk menuliskan sesuatu. Setengah dari mereka menulis apa yang harus mereka lakukan besok. Setengah lagi diminta untuk menuliskan apa saja yang sudah mereka kerjakan. Setelah selesai, mereka baru boleh tidur.

Aktivitas otak mereka kemudian diawasi oleh alat yang bernama polysomnografi. Alat ini juga mengawasi gerak mata, aktivitas otot, dan perubahan biologis lainnya.

com-Tidur yang Cukup

com-Tidur (Foto: Thinkstock)

Penelitian tersebut menemukan kalau orang yang menulis daftar kegiatan yang akan mereka lakukan keesokan harinya bisa tidur 9 menit lebih cepat daripada mereka yang menuliskan apa yang telah mereka lakukan hari itu.’

Bahkan, semakin detil daftar kegiatannya, semakin cepat ia akan tertidur.

Bisa tertidur dalam 9 menit memberikan banyak manfaat, karena, studi yang dilakukan pada tahun 2006 menemukan, tertidur lelap dalam waktu 10 menit dapat memperbaiki kemampuan kognitif dan energinya.

Studi sebelumnya menemukan, orang yang menuliskan perasaan dan keadaan stresnya selama 20 menit sehari memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dan meningkatkan daya tahan bagi penderita asma, artritis, bahkan HIV/AIDS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *