Manchester City Menang 4-0 di Kandang Basel

Posted on

Manchester City

Pemain City saat merayakan gol ke gawang Basel. (Foto: Denis Balibouse / REUTERS)

Satu kaki Manchester City telah menginjak babak perempat final Liga Champions. Menghadapi Basel pada leg I 16 besar Liga Champions di St. Jakob Park, Rabu (14/2/2018) dini hari WIB, City memastikan pulang dengan kemenangan usai menutup laga dengan skor 4-0.

Empat gol City dalam laga ini diciptakan oleh Ilkay Guendogan pada menit ke-14 dan 53', Bernardo Silva (18'), dan Sergio Aguero (23'). Dengan ini, City hanya butuh skor imbang saat melakoni leg II yang bakal digelar di Etihad Stadium, Kamis (8/3) dini hari WIB.



Tak ada perubahan besar dari City dalam laga ini. Manajer City, Josep Guardiola, tetap menggunakan pola 4-3-3 dengan menurunkan trio Sterling, Aguero, dan Bernardo Silva di lini depan.

Pada awalnya, pilihan tersebut membuat City di atas angin. Kondisi tersebut tak bertahan lama. Kecenderungan Basel untuk memanfaatkan kesalahan pemain belakang City membuat mereka memiliki beberapa peluang pada awal laga.

Apa yang dilakukan oleh Basel ternyata tak berpengaruh di papan skor. Pada menit ke-14, Guendogan membawa City unggul. Ia mencetak gol usai sundulannya memanfaatkan sepak pojok meluncur mulus ke gawang Basel.

Selang empat menit setelah gol pertama, City kembali mencetak angka. Berawal dari kesalahan Leo Lacroix, Bernardo Silva melepaskan sepakan lob yang tak mampu diantisipasi oleh Tomas Vaclik.

Pada menit ke-25, giliran Aguero yang membuat namanya tercatat di papan skor, setelah sepakan terarahnya dari luar kotak penalti Basel gagal dihalau oleh Vaclik. Gol Aguero menjadi gol terakhir yang terjadi pada babak pertama pertandingan ini.



City tak menurunkan intensitas permainan saat memulai babak kedua. Langkah tersebut berbuah manis. Babak kedua belum genap 10 menit, Guendogan mencetak gol keduanya melalui sepakan dari luar kotak penalti.

Gol tersebut direspons oleh Basel dengan bermain lebih disiplin. Kesalahan-kesalahan yang menyebabkan City bisa mencetak gol, mulai mereka kurangi. Di sisi lain, intensitas serangan City justru berkurang.

Serangan yang dilakukan oleh City pada babak kedua, jauh dari apa yang terjadi pada babak pertama. Tak hanya serangan, intensitas pressing City juga jauh dari apa yang mereka perlihatkan saat babak pertama.

Tak ada gol tambahan hingga peluit panjang tanda berakhirnya laga ditiupkan. Skor 4-0 untuk kemenangan City akhirnya menjadi penutup laga ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *