Korsel Habiskan Rp 171 T untuk Olimpiade Musim Dingin 2018

Posted on

Menyambut Olimpiade Pyeongchang 2018.

Menyambut Olimpiade Pyeongchang 2018. (Foto: Kim Hong-Ji/Reuters)

Terpilih menjadi tuan rumah untuk perhelatan internasional adalah sebuah kebanggaan bagi sebuah negara. Tak heran, negara tuan rumah tanpa ragu merogoh kocek mereka dalam-dalam untuk membangun tempat yang mewah bagi para atlet dan penggemar yang datang dari berbagai belahan dunia. Termasuk, Korea Selatan (Korsel) yang menjadi tuan rumah untuk Olympics Winter 2018.

Dilansir dari Business Insider, Minggu (14/1), Korsel telah menghabiskan setengah dari dana USD 62,6 juta yang disiapkan membangun stadion baru untuk upacara pembukaan dan penutupan olimpiade di Pyeongchang. Negara ini juga telah menghabiskan lebih dari USD 1,5 miliar atau Rp 19,9 triliun di resort ski Alpensia, yang akan menjadi tempat utama Olimpiade.

Total, perhelatan ini akan meghabiskan dana pemerintah sekitar USD 12,9 miliar atau Rp 171 triliun. Jumlah ini lebih besar dua kali lipat dari proyeksi pemerintah pertama kali, saat memenangkan tender pada tahun 2011.

Olimpiade Musim Dingin 2018 akan dimulai di Pyeongchang, Korea Selatan. Salah satu bagiannya, Alpensia, akan menjadi tempat utama untuk olahraga outdoor, termasuk sky jumping, biathlon, dan ski lintas alam.

Sementara itu, atlet akan tinggal di ‘Desa Olimpiade’, yang terdiri dari delapan bangunan berlantai 15 di Pyeongchang. Desa ini memiliki fasilitas makan, laudry, toko, bank, kantor pos, dan pusat rekreasi. Atlet akan tidur di tempat tidur yang dilengkapi dengan selimut yang nyaman di kamar yang minimalis.

Salah satu tempat terbaru dan terbesar untuk olimpiade ini adalah Hockey Center, yang selesai dibangun pada tahun 2017 di kota pesisir Gangneung. Stadion berbentuk segi delapan ini, berkapasitas 10.000 orang.

Olimpycs Winter 2018 akan digelar pada 9 Februari hingga 25 Februari mendatang.

Sumber: Kumparan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *