Kisah Para Quiz Hunter: Dapat Hadiah Voucher Hingga Plesiran Gratis

Posted on

com-Dapat Hadiah

com-Dapat Hadiah (Foto: Thinkstock)

Dunia maya menyuguhkan banyak kesempatan menyenangkan bagi mereka yang bisa memanfaatkanya dengan baik dan jeli. Penggunaan internet secara positif ini bisa dilakukan salah satunya dengan menjadi quiz hunter.

Quiz hunter (kuter) atau pemburu kuis ini adalah mereka memperebutkan hadiah yang dilakukan brand dengan memanfaatkan media sosial seperti di Twitter, Facebook, Instagram, Youtube, hingga site official. Ada juga kuis yang diadakan langsung atau saat gathering.

Hadiah yang ditawarkan pun sangat beragam, mulai dari sampel produk gratis, voucher belanja, gadget, uang tunai, hingga jalan-jalan ke luar negeri.

Naila Saadah misalnya. Perempuan 26 tahun asal Jakarta yang sekarang tinggal di Depok ini mengaku pernah mendapatkan sebuah smartphone canggih dari Oppo seharga Rp 5 juta saat brand tersebut mengadakan gathering tahun 2013 silam. Saat itu, masih sedikit orang yang memiliki HP canggih asal China itu.

"Challenge-nya waktu itu games bareng teman atau pasangan di atas panggung. Cepat-cepatan. Eh menang," katanya mengenang saat dihubungi kumparan (kumparan.com), Minggu (14/1).

Selain smartphone, perempuan yang disapa Nay ini mengaku cukup banyak dan beragam hadiah yang dia terima sejak aktif dari 2011 hingga saat ini. Mulai dari gadget, voucher belanja, tiket konser, uang tunai, hingga paket libur didapatnya dengan ikut kuis di media sosial.

"Wah enggak tahu ya kalau totalnya sebanyak apa karena dari 2011 juga," ucapnya.

Keuntungan lain bukan melulu dari hadiah yang didapat sendiri, tapi juga dari pertemanan sesama kuter. Nay mengaku pernah ditawari tiket nonton konser Taylor Swift di Singapura dari seorang kuter dengan harga amat murah, bahkan nyaris gratis. Nay diminta untuk beli tiket itu seharga Rp 1 juta, sudah termasuk tiket konser, perjalanan pesawat PP, dan hotel.

"Nyaris gratis sih karena pas di sana, oleh brand, aku dikasih uang saku Rp 1 juta. Padahal harga tiket aslinya Rp 5 juta," katanya tertawa.

Bukan cuma Nay yang merasa dengan ikut menjadi kuter banyak keuntungan yang diterima. Hariry Anwar juga begitu. Hadiah yang dia terima bahkan sangat fantastis. Kuter asal Cakung, Jakarta Timur ini mengaku, jika ditotal, uang yang diterima dari menang kuis sejak 2012 hingga saat ini sekitar Rp 900 juta.

"Ya segitu Rp 900 juta atau mungkin lebih. Enggak pernah ngitung secara rinci juga. Tapi kuter lain ada yang lebih dari itu," tuturnya kepada kumparan.

Hariry mengaku, selama 5 tahun terakhir banyak hadiah yang didapatkannya. Mulai dari pulsa gratis, voucher belanja di mal, gadget, laptop, sepeda motor, hingga empat kali ke luar negeri. Semuanya, dia akui didapatkan dengan ikut kuis di media sosial. Untuk voucher belanja di mal saja, totalnya sekitar Rp 30 juta.

Hariry sendiri saat ini tengah berada di Inggris. Dia akan berada di negeri Pangeran Charles itu selama 7 hari 4 malam. Di sana dia akan nonton Liga Inggris untuk pertandingan Liverpool vsManchester City, main ke stadion Olf Trafford, Manchester United, enggak lupa dia juga bakal bertandang ke kandang Arsenal, hingga tour city ke London.

"Nanti malam nonton Liverpool dulu. Semuanya didapat karea menang kuis dari salah satu merek rokok di Indonesia. Untuk kuis ini, kalau dilihat dari inetary sekitar Rp 50 juta per orang," ucap Hariry.

Selain Hariry, ada Arisman Riyardi. Sebelum terjun ke dunia blogger, Aris lebih dulu jadi kuter. Kepada kumparan, dia mengaku terjun ke dunia kuter karena hobi nonton di bioskop. Karena di Twitter banyak diadakan nonton film gratis, dia pun coba-coba ikut.

"Dikasih tahu teman caranya nonton gratis itu gimana di Twitter, jadi ikutan dan makin sering," kata Aris.

Untuk hadiah yang paling besar yang pernah didapat, Aris mengaku pernah menjadi orang yang paling beruntung di suatu event karena mendapatkan iPhone 6 saat smartphone ini baru masuk Indonesia. Enggak lama setelah itu, dia juga mendapatkan Go Pro.

"Itu yang paling besar sih kalau diuangkan. Kalau hadiah yang lain, pernah juga ikut kuis di Instagram yang hadiahnya jalan-jalan bareng komunitas mobilephotography," imbuhnya.

Saat ini, Aris mengaku mengaku masih menjadi pemburu kuis, hanya saja lebih banyak dilakukannya di blog pribadi.

Ternyata, banyak juga hadiah yang diterima sebagai kuter. Kamu tertarik ikutan?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *