Kane Dua Gol, Spurs Hajar Everton 4-0

Posted on

Tottenham Hotspur

Selebrasi gol Kane dan Son. (Foto: Reuters/Matthew Childs)

Tottenham Hotspur berpesta. Menjamu Everton di Wembley pada laga pekan ke-23 Premier League yang berlangsung Minggu (14/1) dini hari WIB, Spurs berhasil menghajar tamunya itu dengan skor telak 4-0.

Manajer Spurs, Mauricio Pochettino, menurunkan susunan pemain terbaiknya pada laga kali ini. Dari mulai Hugo Lloris di pos penjaga gawang, Jan Vertonghen dan Davinson Sanchez di lini belakang, Mousa Dembele dan Eric Dier sebagai pivot, sampai trio Christian Eriksen, Dele Alli, Son Heung-Min yang menopang Harry Kane.

Di kubu lawan, Sam Allardyce turut menggunakan formasi 4-2-3-1 pada laga kali ini. Striker anyar mereka, Cenk Tosun, diturunkan sejak menit awal dan dia ditopang oleh trio Gylfi Sigurdsson, Wayne Rooney, dan Yannick Bolasie. Di lini belakang, Phil Jagielka diduetkan dengan Mason Holgate.

Sejak awal, Spurs memang sudah memegang kendali permainan. Mereka terus menekan sang tamu dan mendapat sejumlah peluang, di antaranya melalui dua tendangan keras Kane. Namun, usaha sang striker masih bisa digagalkan oleh Jordan Pickford.

Menit 22, Everton mengejutkan Spurs. Mereka mendapat gol lewat sundulan Rooney yang lebih dulu menerima umpan dari Tosun. Namun, gol ini tak disahkan wasit karena Rooney sudah lebih dulu berada pada posisi offside. Setelahnya, The Toffees sama sekali tak mendapat peluang emas lagi.

Sampai empat menit kemudian mereka kebobolan. Adalah Son yang membuka keunggulan Spurs lewat sontekan manisnya di depan gawang setelah meneruskan tendangan Serge Aurier dari sisi kanan. Gol ini kemudian menjadi satu-satunya sampai peluit tanda berakhirnya babak pertama berbunyi.

Memasuki babak kedua, Spurs langsung tancap gas. Dua menit babak kedua berjalan, mereka sudah berhasil menggandakan keunggulan. Siapa lagi bila bukan Kane yang mencatatkan nama di papan skor. Gol itu tercipta setelah Kane menerima sodoran dari Son.

Pada menit 59, Kane mendapatkan gol keduanya kali ini. Prosesnya hampir sama, tapi kali ini dia menerima umpan silang mendatar yang begitu manis dari Dier. Keunggulan tiga gol ini tidak membuat Spurs surut, mereka terus keluar menyerang dan mengurung Everton.

Hasilnya pada menit 81 gol keempat tercipta bagi mereka. Berawal dari umpan Son yang kemudian diteruskan dengan back-heel oleh Alli, Eriksen berhasil menerima dan menyambarnya dengan sepakan keras yang tak mampu dihalau oleh Pickford.

Sampai laga berakhir, kedudukan 4-0 itu tetap bertahan untuk Spurs. Dengan kemenangan ini, Spurs kokoh di posisi lima klasemen Premier League dengan 44 poin dan saat ini hanya tertinggal tiga poin dari Chelsea yang berada di posisi tiga. Bagi Everton, kekalahan membuat mereka tertahan di posisi sembilan dengan 27 poin.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *