Kalahkan Schalke 04, RB Leipzig Putus Tren Negatif di Bundesliga

Posted on

Para pemain Leipzig merayakan gol

Para pemain Leipzig merayakan gol. (Foto: Hannibal Hanschke/Reuters)

RasenBallsport (RB) Leipzig akhirnya berhasil memutus rangkaian buruk mereka di Bundesliga usai meraih kemenangan besar 3-1 dari Schalke 04 pada pekan ke-18 yang dihelat di Red Bull Arena Leipzig, Minggu (14/1/2018) pukul 00.30 dini hari WIB.

Tiga gol Leipzig dicetak oleh Naby Keita (41'), Timo Werner (69'), dan Bruma (71'). Sementara itu, satu gol Schalke disumbangkan oleh Nadlo di menit ke-55. Dengan hasil ini, Leipzig berhasil naik ke posisi kedua dengan koleksi 31 poin dan Schalke sendiri turun ke urutan tiga dengan mengumpulkan 30 poin.

Tuan rumah turun dengan pola 4-2-2-2, memasang Marcel Sabitzer dan Jean-Kevin Augustin sebagai duet penyerang, sedangkan tim tamu tampil dengan menumpuk pemain di tengah dalam formasi 3-5-2.

Di menit-menit awal kedua tim sama-sama menunjukkan permainan terbuka. Schalke lebih dulu mendapat peluang lewat sundulan Amine Harit yang masih bisa ditangkap kiper. Setelah itu, permainan lebih banyak berkutat di lini tengah. Namun, di luar dugaan tuan rumah justru lebih sering tertekan tanpa bisa melepaskan satu percobaan. Di sisi lain, Schalke kian getol menekan pertahanan Leipzig.

Percobaan mengarah gawang dilakukan oleh Alessandro Schoepf dan Guido Burgstaller, tapi penampilan Peter Gulacsi di bawah mistar Leipzig masih cukup tenang dan mampu mementahkan semua peluang itu. Memasuki 10 menit akhir babak pertama, Leipzig akhirnya mendapatkan peluang pertama dari kaki Marcel Sabitzer di menit 35 meski masih bisa dimentahkan oleh Ralf Faehrmann.

Dua menit berselang, Leipzig benar-benar mendapat peluang mencetak gol lewat titik putih setelah Benjamin Stambouli menjatuhkan Jean-Kevin Augustin. Akan tetapi, peluang di depan mata itu gagal dikonversi menjadi gol oleh Augustin karena eksekusi penaltinya bisa ditepis oleh Faehrmann.

Gagal di penalti, Leipzig justru semakin terpacu mencetak gol. Hasilnya, Naby Keita benar-benar membawa tuan rumah unggul lewat golnya di menit 40 usai melakukan kerjasama apik dengan Kevin Kampl dan menyelesaikannya dengan sepakan jarak jauh. Skor 1-0 untuk Leipzig pun bertahan hingga turun minum.

Naby Keita buka keunggulan Leipzig

Naby Keita buka keunggulan Leipzig. (Foto: Hannibal Hanschke/Reuters)

Memasuki babak kedua, jalannya pertandingan cukup lamban, kedua tim sama-sama memilih untuk saling menunggu. Namun, Schalke yang bermain lebih efektif sejak babak pertama akhirnya mampu menyamakan kedudukan lewat sundulan Naldo di menit ke-55 usai meneruskan umpan tendangan bebas Daniel Caliguri.

Usai kedudukan imbang, permainan menjadi lebih ketat dan terbuka. Ralph Hasenhuettl pun memasukkan Timo Werner dan Yussuf Poulsen untuk menambah daya gedor Leipzig. Keputusan ini terbilang sangat tepat karena Werner akhirnya bisa membawa timnya unggul kembali lewat golnya di menit 69, usai meneruskan umpan silang Konrad Laimer.

Dua menut berselang, Wener benar-benar menjadi bintang penyelamat Leipzig usai mencatatkan assist untuk gol Bruma di menit 71. Di sisi lain, tertinggal dua gol membuat Schalke kian gencar menekan tuan rumah, tapi Leipzig pun tak mau kecolongan dan bahkan hampir menambah keunggulan jika sontekan Werner tak disapu oleh Benjamin Stambouli.

Sepanjang sisa waktu pertandingan, Leipzig terus-menerus menekan Schalke. Namun, usaha mereka masih bisa dimentahan oleh kiper maupun pemain belakang. Sedangkan, Schalke sendiri tak bisa berbuat banyak dan harus menerima kekalhan 1-3 di akhir pertandingan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *