Jokowi Akan Diberi Marga Siregar Saat Resepsi Kahiyang-Bobi di Medan

Posted on

Jokowi di Pernikahan Kahiyang-Bobby

Jokowi di Pernikahan Kahiyang-Bobby (Foto: Antara/Mohammad Ayudha)

Presiden Joko Widodo dan rombongan tiba di Medan, Sumatera Barat, pada Kamis (23/11) malam. Kedatangan Jokowi disambut oleh putrinya, Kahiyang Ayu, dan sang suami Muhammad Bobby Afif Nasution, yang sudah berada di Medan sejak Minggu (19/11).

Selain untuk melakukan kunjungan kerja ke beberapa wilayah di Medan, kedatangan Jokowi juga sekaligus untuk menghadiri rangkaian resepsi pernikahan Kahiyang yang berlangsung pada Jumat (24/11) hingga Minggu (26/11) di kediaman orang tua Bobby, di Kompleks BHR Setiabudi, Medan.

Dalam upacara adat yang jadi bagian rangkaian acara resepsi itu, Jokowi akan diberi marga oleh masyarakat adat Batak, sama seperti Kahiyang.

Hal itu diungkap Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, usai menyambut kedatangan Jokowi di Bandara Internasional Kuala Namu, Deli Serdang, Sumatera Utara.

"Nanti hari Sabtu (25/11) itu ada acara (tari) manortor. Bapak Presiden juga diberikan marga. Iya, Siregar. Kemudian hari Minggu (26/11) ada resepsi dengan menggunakan kereta kencana, delman. Ini cukup menarik karena hampir jarang di Medan ada delman," ujar Tengku pada Kamis (23/11) malam.

Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi

Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)

Tengku mengatakan, seluruh lapisan masyarakat Medan turut bersuka cita dengan penyelenggaraan resepsi Kahiyang-Bobby di kota mereka. Terlebih, Jokowi juga turut hadir dalam acara.

"Kegiatan ini cukup membanggakan kami yang ada di Sumut ini. Tugas ini ukan hanya tugas pemerintah saja tapi semua stakeholders, Pangdam, Kapolda, Wali Kota, tentu pihak keluarga, dan relawan, semua (berkontribusi). Ini acara yang sangat ditunggu-tunggu banyak pihak," ucap Tengku.

Meski demikian, menurut Tengku, pihak keluarga tak ingin resepsi yang digelar terkesan mewah. "Justru penekanannya ini lebih sederhana tapi tidak mengurangi makna sakralnya. Terutama dari sisi budayanya, yang ditekankan itu masalah budaya," ujarnya.

Sebelum menghadiri acara resepsi Kahiyang-Bobby, hari ini (24/11) Jokowi diagendakan akan melakukan kunjungan kerja ke Silangit untuk meresmikan Bandara Internasional, lalu akan mengunjungi wilayah kebun kelapa sawit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *