iPhone 2018 Diprediksi Tak Lagi Pakai Touch ID

Posted on

Peluncuran iPhone X

Peluncuran iPhone X (Foto: AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Masih terlalu dini membicarakan rumor seputar generasi selanjutnya dari iPhone 8 dan iPhone X di tahun 2018. Namun, analisis KGI Securities, Ming-Chi Kuo, sudah tidak sabar membagikan informasi soal prediksinya tentang lini produk iPhone tahun depan.

Kuo, yang memiliki rekam jejak akurat dalam memprediksi teknologi produk baru Apple, meramalkan perusahaan yang dipimpin Tim Cook itu akan meninggalkan teknologi Touch ID dan beralih ke sistem terbarunya, Face ID, untuk iPhone di masa mendatang.

Sistem Face ID pertama kali diperkenalkan Apple pada September lalu, ketika mereka mengumumkan iPhone X sebagai ponsel perdana yang pakai Face ID. Fitur ini memanfaatkan beragam teknologi, seperti infra merah dan kamera, untuk memindai muka pengguna. Jika identitas pengguna terverifikasi, maka ia diberi akses masuk ke iPhone.

"Kami memprediksi semua model iPhone baru nanti kemungkinan akan meninggalkan pengenalan sidik jari. Kami percaya perubahan ini akan memungkinkan semua model baru mewujudkan keunggulan kompetitif melalui diferensiasi, didukung oleh integrasi pengalaman pengguna tentang desain layar penuh dan aplikasi TrueDepth Camera, pengenalan wajah, Face ID, atau AR (augmented reality)," kata Kuo seperti dikutip dari MacRumors.

Face ID bakal memulai debutnya di iPhone X ketika ponsel pintar tersebut mulai dijual Apple di AS pada 3 November mendatang.

Itu berarti iPhone 8 dan 8 Plus bakal menjadi ponsel terakhir Apple yang memakai Touch ID.

Kuo percaya transisi Apple meninggalkan Touch ID juga akan membawa produsen ponsel Android melakukan hal yang sama. Seperti yang pernah ia katakan awal Oktober lalu, Kuo memprediksi smartphone Android kelas atas bakal "menyingkirkan" sensor sidik jari di bawah layar demi teknologi pengenalan 3D.

Sumber: Kumparan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *