Ditahan Imbang Atletico, Catatan 100% Barcelona Terhenti

Posted on

Atletico Madrid

Antoine Griezmann di laga vs Barcelona. (Foto: Reuters/Javier Barbancho)


Catatan kemenangan 100% Barcelona kudu berhenti setelah ditahan imbang Atletico Madrid 1-1 di Wanda Metropolitano, Minggu (15/10/2017) dini hari WIB. Atletico berhasil unggul lebih dulu lewat gol cantik Saul di menit ke-21 sebelum akhirnya disamakan oleh Luis Suarez delapan menit sebelum berakhirnya waktu normal.

Kendati pulang dengan satu angka, Barcelona tetap kokoh di puncak klasemen dengan koleksi 22 poin, lima angka lebih banyak dari Real Madrid di posisi kedua. Sementara, Atletico naik dua strip ke peringkat ketiga setelah mengemas 16 poin.

***

Barcelona yang berhasil mengukir catatan 100% di La Liga memang menghadapi lawan yang tak mudah kali ini, Atletico Madrid. Ya, rival sekota Real Madrid itu juga menjadi kesebelasan La Liga yang belum pernah menelan kekalahan sejauh ini. Kendati begitu, Blaugrana bisa sedikit berharap karena mereka sukses memetik lima kemenangan dari enam laga terakhir di kandang Atletico.

Ernesto Valverde menerapkan formasi dasar 4-4-2 dengan menduetkan Lionel Messi dengan Luis Suarez. Keputusan mantan pelatih Athletic Bilbao itu bukan tanpa alasan. Selain krisis penyerang sayap, Atletico juga mengaplikasi skema yang sama. Kali ini, Diego Simeone memasang Antoine Griezmann dan Yannick Carrasco di depan, sedangkan Nicolas Gaitan dan Koke dipasang sebagai gelandang sayap.



Griezmann hampir membuka keunggulan bagi tuan rumah di menit ketujuh. Namun, sepakannya di tiang dekat masih mampu diamankan Marc-Andre ter Stegen.

Barcelona mesti berterima kasih kepada kiper asal Jerman itu. Pasalnya, dua menit berselang lagi-lagi dia mampu menggagalkan peluang emas Griezmann.

Usaha Atletico akhirnya membuahkan hasil di menit ke-21. Setelah menerima umpan dari Carrasco, Saul yang berhasil mengecoh Gerard Pique lalu melepaskan tendangan jarak jauh yang mengoyak jala Barcelona.

Barcelona bukan tanpa perlawanan. Anak-anak asuk Ernesto Valverde itu melepaskan lima tembakan, atau dua lebih banyak ketimbang Atletico. Kendati begitu, hanya sepakan Andres Iniesta yang menemui sasaran.

Usaha Barcelona untuk menyamakan kedudukan hampir saja terealisasi di menit ke-56. Sayang seribu sayang, tendangan bebas Messi masih diselamatkan mistar gawang.


Barcelona

Luis Suarez selamatkan Barcelona. (Foto: Reuters/Sergio Perez)


Lima menit berselang, Valverde kemudian memasukkan Gerard Deulofeu dan Sergi Roberto untuk menambah daya gedor timnya. Di satu sisi, demi memperkuat lini tengah, Simeone memasukkan Thomas Partey dan menarik keluar Carrasco.

Sementara itu, Dewi Fortuna memang belum menghinggapi Messi. Di menit 70, sepakan kaki kirinya kembali mengenai tiang gawang.

Namun, keputusan Valverde memasukkan Sergi Roberto akhirnya berbuah hasil. Lewat umpan lambungnya, Sergi Roberto berhasil mengakomodir Suarez untuk menjebol gawang Jan Oblak sekaligus menyamakan keududukan menjadi 1-1. Gol tersebut merupakan yang gol ketiganya di La Liga musim ini.

Dua menit berselang, Simeone memasukkan Fernando Torres dan menarik keluar Gabi. Namun keputusan tersebut tak mengubah apa pun, sebab tak lagi gol tambahan yang tercipta. Messi sebenarnya berpeluang untuk menjadi penyelamat Barcelona di menit-menit akhir, namun tendangan bebasnya masih bisa diredam Oblak. Kedudukan 1-1 jadi skor akhir laga tersebut.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *