Dear Moms, Ini Cara Aman Menyikat Gigi Bayi

Posted on

SIKAT GIGI 2

Jauhkan Sikat Gigi dari Toilet. (Foto: Thinkstock)

Membersihkan gigi sang buah hati harus dimulai sejak dini. Karena bila malas membersihkan bisa menyebabkan kerusakan gigi. Gigi yang sehat dan bersih akan membuat anak lebih percaya diri.

Dilansir dari Mom Junction, berikut adalah tips menyikat gigi bayi. Saat gigi pertama bayi sudah terlihat, sebaiknya bersihkan daerah gigi dan gusinya secara teratur minimal dua kali sehari.

Disarankan setelah bayi menyusui, segera bersihkan gigi bayi menggunakan kain lembut atau kasa steril. Lilitkan kasa pada jari telunjuk ibu lalu gosok perlahan di bagian yang ingin dibersihkan.

Selain menggunakan telunjuk, bisa juga menggunakan sikat gigi khusus bayi yang bisa dibeli di toko-toko. Sikat gigi bayi mempunyai tekstur dengan ujung sikat bulat dan bulu-bulu yang halus.

Sebaiknya setiap tiga atau empat bulan sekali ganti sikat gigi anak dengan sikat gigi yang baru, hal ini disebabkan karena sikat gigi yang terlalu lama dipakai bisa menimbun kuman yang bisa merusakan gigi sang buah hati.

Gosok gigi anak dengan gerakan memutar yang lembut dan perlahan, dan konsentrasikan gerakan pada gigi dan gusi. Pada masa pertumbuhan gigi, area tersebut lunak sehingga perlu berhati-hati agar tidak terluka.

Karena produk pasta gigi mengandung fluoride maka baru bisa digunakan bila anak sudah berusia dua tahun. Hal ini disebabkan kandungan flouride yang berlebih tidak baik untuk bayi. Untuk mengatasi masalah tersebut, gunakan pasta gigi khusus anak yang aman apabila tertelan.

Sebaiknya rutin membawa anak untuk pemeriksaan gigi untu mencegah gigi berlubang sejak awal. Umumnya kerusakan gigi sering terjadi pada anak usia di atas dua tahun. Karena itu biasakan anak untuk mengujungi dokter gigi.

Ayo jaga kesehatan gigi bayi dan anak sejak dini!

Sumber: Kumparan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *