Arsenal Hantam BATE Enam Gol Tanpa Balas

Posted on

Arsenal

Para pemain Arsenal merayakan kemenangan. (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)

Arsenal menutup laga fase grup Liga Europa dengan pesta. Menghadapi BATE Borisov di Stadion Emirates, Jumat (8/12) dini hari WIB, "Meriam London" berhasil menang dengan skor telak, 6-0.

Kemenangan itu pun membuat Arsenal kokoh di posisi puncak klasemen Grup H dengan torehan 15 poin. Sementara BATE sendiri gagal lolos ke babak 32 besar setelah hanya jadi juru kunci grup dengan raihan lima poin.

Arsene Wenger seperti biasa melakukan rotasi pada susunan 11 pemain pertamanya. Tak ada nama Petr Cech, Laurent Koscielny, Nacho Monreal, Hector Bellerin, Granit Xhaka, Aaron Ramsey, Alexis Sanchez, Mesut Oezil, sampai Alexandre Lacazette pada susunan pemain inti kali ini.

Karena itu Wenger menurunkan David Ospina, Calum Chambers, Mathieu Debuchy, Rob Holding, Ainsley Maitland-Niles, Francis Coquelin, Mohamed Elneny, Theo Walcott, Jack Wilshere, Danny Welbeck, dan Olivier Giroud sejak menit awal.

Kendati rotasi, Arsenal bukannya jadi tak berbahaya. Laga baru berjalan tiga menit saja mereka sudah berhasil mendapatkan peluang emas. Sayangnya, tendangan kencang Elneny masih membentur mistar gawang BATE.

Tapi pada menit 11, gol yang ditunggu publik Emirates Stadium akhirnya tercipta juga. Adalah Debuchy yang jadi aktor lewat tendangan cantik kaki kanannya dari dalam kotak penalti BATE. Bagi Debuchy, gol ini bisa menjadi pembuktian bahwa ia layak mendapat tempat utama.

Gol kedua kemudian tercipta pada menit 47. Kali ini adalah sang kapten, Walcott, yang mencatatkan namanya di papan skor lewat tendangan dari dalam kotak penalti setelah memanfaatkan kesalahan pemain belakang BATE dalam melakukan sapuan.

Enam menit berselang, Arsenal mampu mendapatkan gol ketiga mereka pada laga ini lewat kaki Wilshere setelah sebelumnya dia menerima umpan dari Walcott. Skor 3-0 untuk keunggulan "Meriam London" ini kemudian mengakhiri jalannya babak pertama.

Ketika babak kedua baru berjalan enam menit, Arsenal sudah berhasil menambah gol lagi. Kali ini gol tercipta melalui bunuh diri Denis Polyakov setelah dia gagal mengantisipasi umpan Walcott dengan sempurna. Unggul empat gol, para pemain Arsenal semakin percaya diri.

Hasilnya pada menit 64, gol keenam mereka pada laga kali ini tercipta. Gol tersebut berasal dari kaki Giroud melalui eksekusi penaltinya. Penalti itu sendiri didapat Arsenal setelah Walcott dilanggar Nemanja Milunovic di dalam kotak penalti BATE.

Arsenal

Wilshere dan Elneny merayakan gol. (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)

Pesta Arsenal tak berhenti sampai di situ saja. Pada menit 74, Arsenal menambah pundi-pundi gol mereka. Elneny yang kini berkontribusi untuk gol tersebut lewat sepakan cantiknya dari dalam kotak penalti setelah menerima umpan mendatar Wilshere.

Gol itu akhirnya menjadi gol terakhir yang tercipta pada laga ini dan kedudukan 7-0 untuk Arsenal tetap bertahan hingga pertandingan usai.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *