Anies di Perayaan Natal Bersama: Jakarta Adalah Rumah Semua

Posted on

Anies Baswedan di Masjid Istiqlal

Anies Baswedan di Masjid Istiqlal (Foto: Nabilla Fatiara/kumparan)

Gubernur DKI Anies Baswedan memberi sambutan dalam perayaan Natal bersama Pemprov DKI dan warga di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Anies menegaskan, Jakarta adalah milik semua.

"Perayaan Natal ini kegiatan bersama Pemprov dan masyarakat. Dan ini merupakan wujud komitmen kita bahwa Jakarta adalah milik kita, Jakarta adalah rumah semua," beber Anie, Sabtu (13/1) malam.

Anie menjelaskan, konsekuensinya, pemerintah menjadi komponen utama penyelenggaraan kegiatan-kegiatan.

"Secara khusus saya ingin sampaikan apresiasi kepada pimpinan tujuh gereja dan keuskupan yang menjadi komponen penting terselenggaranya kegiatan," beber dia.

Pemprov, menurut Anies, boleh berinisitiaf tapi tujuh gereja yang membuatnya terselanggara.

"Dan perlu saya garus bawahi ini harus jadi tradisi baru di ibu kota. Harus kita selenggarakan terus menerus. Keusukapan Agung dan tujuh aras gereja kami diskusikan banyak hal yang bisa diwujudkan bersama-sama di ibu kota. Pesan-pesan kami sama-sama yakin di hari-hari ke depan bisa terlaksana," urainya.

Anies-Sandi hadiri natal bersama di JIExpo

Anies-Sandi hadiri natal bersama di JIExpo (Foto: Moh Fajri/kumparan)

Perayaan Natal, lanjut Anies, selalu memiliki arti penting dalam setiap perayaannya. Salah satu nilai yang digaris bawahi adalah nilai Natal yang terkait kesederhaanan. Dua hal ini ketaatan hati dan kesederhanaan.

"Sering kali dua hal ini terlewatkan, Jakarta terlihat sebagai surga kehiduapan materialistis. Banyak tempat perbelanjaan ragam hiburan di ibu kota. Di satu sisi itu baik, karena dia memberikan aspek kebahagian yang mudah pada berbagai macam kebutuhan. Tapi sering kali sebagian kita terlena, living beyond our risk," tegasnya.

Kata Anies, hidup kita seringkali dijalani melampaui kemampuan sebenarnya. Banyak yang ambil jalan pintas ambil hak orang lain.

"Dari natal kita dapat belajar keteladanan untuk kesederhanaan. Dalam konsep agama yang saya anut ada istilah yang sama, bukan memiskinkan diri tapi hidup tak dikendalikan kemewahan. Harta cukup di kantong tidak dibawa mati," urai dia.

Anies menyampaikam, dan lagi-lagi Jakarta merupakan salah satu tempat di mana hiruk pikuk sering menjauhkan warga dari ketenangan.

"Semoga di dalam perayaan Natal ini kita juga kembali untuk makin bisa mengendalikan diri, dan terus memberikan nuansa kedamaian. Dan izinkan kami sampaikan pesan kedamaian dan kebersamaan. Semoga perayaan natal ini jadi momen berkesan bagi kita semua. Pertama hanya ada satu kali, kita bagian dari sejarah Jakarta. Kita bagian dari perubahan di kota ini. Boleh nanti cerita ke anak cucunya, bahwa dulu 2018 adalah peryaan natal bersama antara warga dan Pemprov. Terakhir saya ucapkan terima kasih untuk warga yang ikut berpartisipasi. Keusukupan agung kami percaya ini adalah awalan kerja besar masih menanti kita," tutup dia.

Anies-Sandi hadiri natal bersama di JIExpo

Anies-Sandi hadiri natal bersama di JIExpo (Foto: Moh Fajri/kumparan)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *