Alasan Mengapa Kamu Sebaiknya Tak Meminjamkan Earphone pada Orang Lain

Posted on

Ilusrasi Musik

Ilustrasi mendengarkan musik berdua. (Foto: Thinkstock/moodboard)

Seberapa banyak dari kamu yang pernah berbagi atau meminjamkan earphone dengan orang lain? kumparan (kumparan.com) yakin, banyak dari kamu yang sering melakukan kebiasaan yang satu ini.

Namun, tahukah kamu bahwa berbagi earphone bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan?

Pada dasarnya, earphone merupakan perangkat audio yang dipasang tepat pada lubang telinga. Ukurannya dirancang pas dan sesuai dengan luas permukaan dinding telinga kamu.

Earphone

Earphone (Foto: Thinkstock)

Earphone yang menempel pada dinding telinga otomatis akan membuat kotoran telinga ikut melekat dan berpindah. Singkat kata, earphone bisa dianggap sebagai benda 'kotor' yang tak sepantasnya dipakai berbagi bersama orang lain.

"Jika jumlah bakteri jadi terlalu banyak, bisa menuntun pada infeksi," ujar dr Abbas Anwar, MD, dari Southern California Head & Neck Medical Group, kepada Reader's Digest.

"Earphone kadang bisa menyebabkan abrasi kecil dan lecet pada telinga, khususnya ketika dipakai terlalu lama dan ketika tidur atau berolahraga. Luka goresan ini bisa jadi pintu masuk untuk bakteri yang berujung pada infeksi (otitis externa)," sambungnya lagi.

Jika ingin terhindar dari risiko infeksi, satu earphone hanya boleh dipergunakan untuk satu orang saja. Tidak lebih.

mendengarkan musik dengan earphone

mendengarkan musik dengan earphone (Foto: dok.Thinsktock)

"Kamu tak pernah tahu apakah orang lain menjaga kebersihan telinganya dengan baik atau tidak. Bisa saja ada bakteri dari berbagai permukaan berbeda seperti meja atau tas, dan bakteri asing tersebut bisa memicu infeksi pada telinga kamu," tutur Anwar.

Selain menghindari berbagi earphone dengan orang lain, kamu juga harus rajin membersihkannya mengggunakan alkohol. Caranya mudah, yaitu hanya dengan mengelapnya hingga bersih dan kering.

Usaha ekstra perlu dilakukan oleh kamu yang memiliki earphone berbahan dasar silikon atau karet, karena bakteri jauh lebih mudah menempel. Jadi, selalu jaga kebersihan earphone kamu, ya!


Sumber: Kumparan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *