5 Jurusan Kuliah yang Tidak Akan Ditemui di Indonesia

Posted on

Ilustasi minum bir

Bir. (Foto: Pixabay)

Di Indonesia, para calon mahasiswa biasanya akan berlomba-lomba untuk mendapatkan kesempatan belajar di jurusan-jurusan tertertu. Jurusan favorit di Indonesia biasanya adalah kedokteran, ekonomi, teknik, dan lain-lain. Orang Indonesia kebanyakan masih memandang sebelah mata jurusan lainnya.

Padahal nih ya, menurut aku, semua ilmu itu pasti bermanfaat asal kita benar-benar tekun dan sungguh-sungguh ingin menguasai ilmu tersebut. Kurang keren apalagi coba kalau hanya kita satu-satunya ahli tentang hal itu di dunia ini.

Well, makanya aku adalah salah satu orang yang enggak pernah memandang sebelah mata orang-orang yang sekolah di jurusan-jurusan di mana orang-orang nggak banyak minat ke jurusan tersebut. Berikut aku mau share 5 jurusan kuliah yang harus kamu ambil di luar negeri jika kamu mau mempelajarinya secara formal.

1. Manajemen Teknologi Baking

Jurusan ini adanya di London South Bank University. Sobat butuh waktu 2 tahun untuk menamatkan seluruh pelajaran di jurusan ini. Hal-hal yang akan dipelajari adalah tentang manajemen dan pemasaran bakery. Semua keajaiban dunia per-bakery-an bisa kalian temukan di sini. Jangan anggap remeh dulu jurusan ini. Jika sobat tekun dan sungguh-sungguh, jurusan ini bisa membawa sobat menjadi seterkenal Mary Berry ataupun Paul Hollywood.


2. Pembuatan dan Destilasi Bir

Jurusan ini dapat sobat temui di Heriot-Watt, Universitas Edinburgh, Inggris. Jurusan ini jadi salah satu jurusan favorit di sana. Alasannya karena industri bir di Inggris sangat berkembang pesat. Lulusan jurusan ini adalah incaran para pengusaha industri bir. Well, ini jurusan enggak kalah prestius daripada kedokteran kalau di Indonesia.

3. Psikologi Kuda dan Sains Olahraga

Ada yang suka bicara sama kuda? Kalau iya, sepertinya sobat cocok bergabung di jurusan yang disediakan oleh Nottingham Trent University, Inggris, ini. Mahasiswa di jurusan ini diajarkan untuk memahami dengan lebih baik hubungan antara kuda dan manusia, sekaligus tingkah laku seekor kuda. Praktikum di jurusan ini meliputi menunggang kuda, berbicara pada kuda, dan bermacam-macam kemampuan praktis lainnya. Kabar baiknya adalah tahun kedua selama sobat berkuliah di sini akan di habiskan di luar Inggris seperti Kanada, Australia, ataupun Hongaria.

4. Horologi

Ada yang bingung horologi itu apa? Kalau sobat bingung, jangan malu untuk mengakuinya karena akupun awalnya juga bingung, hehe. Aku hampir berpikir kalau jurusan ini ada hubungannya sama horoskop. Well, horologi adalah sebuah cabang ilmu yang khusus membahas mengenai waktu. Jurusan yang khusus mempelajari tentang waktu ini disediakan oleh Universitas Birmingham, Inggris.

Selama kuliah di jurusan ini, sobat bisa mempelajari kombinasi antara seni dan ilmu dalam mengukur waktu. Jurusan ini bukan hanya mendorong kalian untuk bekerja di industri-industri jam yang bonafit, tapi juga mendorong sobat sekalian untuk memilki bisnis sendiri yang berkaitan dengan pengukuran waktu.

5. Teater dan Pewayangan

Kalian tahu apa yang terlintas di pikiranku pertama kali baca jurusan ini? Aku membayangkan kalau ada sebuah jurusan khusus di Indonesia yang mempelajari tentang seni pewayangan asal Jawa itu, hehe. Well, Jurusan ini disediakan oleh Universitas London.

Kerennya, jurusan ini melatih para siswanya untuk mampu menciptakan berbagai seni teatrikal yang kreatif dan tentunya seni boneka tangan atau sejenis wayang kalau di Indonesia. Para lulusan jurusan ini terkenal banyak yang bekerja di Cirque du Soleil, the London Symphony Orchestra, ataupun pentas seni bonafit lainnya yang ada di Inggris.


Well, itu tadi 5 jurusan kuliah yang tidak akan ditemui di Indonesia. Kalau jurusan-jurusan unik semacam ini dibuka di Indonesia bakal banyak peminatnya atau enggak menurut Sobat Kumparan sekalian? Aku sendiri sempat berpikir ada baiknya Indonesia menambah satu jurusan lagi di Fakultas Kedokteran, yaitu jurusan Kedokteran Tradisional, hehe. Tebak apa yang aku pikirkan dengan penyelenggaraan jurusan tersebut?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *