5 Ide Makanan yang Bisa Dibuat Bersama Anak di Rumah

Posted on

Memasak bersama anak menumbuhkan kreativitas

Memasak bersama anak menumbuhkan kreativitas. (Foto: Pixabay)

Kesibukan orang tua membuat waktu untuk berkumpul bersama keluarga khususnya anak menjadi berkurang. Padahal, anak-anak masih sangat membutuhkan perhatian orangtua untuk mengawasi segala kegiatan anak. Anak yang kurang perhatian dapat mengakibatkan emosinya menjadi tidak stabil dan cenderung memberontak.

Untuk menghindari hal tersebut. Saat akhir pekan, tidak ada salahnya untuk sedikit meluangkan waktu bersama anak. Salah satu yang bisa dilakukan adalah mengajak anak turun ke dapur untuk memasak bersama.

Selain lebih murah daripada jalan-jalan di pusat perbelanjaan atau taman rekreasi. Kegiatan memasak bersama di rumah juga akan lebih mempererat ikatan emosi dengan anak.

Anak akan merasa lebih diperhatikan dan dihargai dengan membiarkannya ikut dalam kegiatan ibu di dapur. Perhatian yang diberikan oleh orang tua dapat membuat anak lebih percaya diri dan terbuka kepada orang tua.

Biarkan anak memilih makanan yang akan dibuatnya. Dengan begitu anak akan lebih kreatif tanpa takut akan adanya paksaan. Agar nilai gizi makanan tetap terpenuhi dengan baik, ibu dapat memodifikasi makanan kesukaan anak dengan beragam buah dan sayuran yang kaya nutrisi. Anak pun akan lebih antusias untuk menyantap makanan yang Ia buat sendiri.

Supaya kegiatan ibu dan anak di dapur semakin menyenangkan, kumparan (kumparan.com) telah merangkum 5 ide makanan yang dapat dibuat bersama anak. Apa saja?

1. Pancake Buah

Pancake dengan taburan buah

Pancake dengan taburan buah. (Foto: Pixabay)

Pancake buah adalah salah satu kudapan mudah yang dapat dibuat bersama anak. Sajian yang biasanya dimakan saat sarapan ini proses pembuatannya tidak memakan waktu terlalu lama sehingga anak tidak akan bosan.

Saat membuat adonan pancake, biarkan anak untuk mengaduk adonan sementara ibu memotong buah-buahan yang akan dijadikan toping kue dadar tersebut. Kreasikan topping pancake menggunakan buah dan whipped cream atau madu. Ajak anak untuk menggambar permukaan pancake dengan whipped cream sesuka hati.

2. Pizza Mini

Pizza dengan toping sayur dan daging

Pizza dengan toping sayur dan daging. (Foto: Pixabay)

Sebagian besar anak-anak pasti menyukai kudapan yang satu ini. Toping aneka sosis dan keju melimpah membuat anak tidak berhenti untuk menyantapnya. Daripada membelinya, kenapa tidak membuatnya saja bersama anak di rumah?

Ajak anak untuk membentuk adonan roti pizza. Kegiatan ini dapat merangsang saraf motorik dan membuat anak menjadi lebih kreatif.

Selain itu pizza buatan sendiri pasti akan lebih sehat dan terjaga kebersihannya. Kreasikan topping dengan aneka sayur dan daging. Sambil membuat pizza mini, ibu dapat menjelaskan kandungan gizi tiap bahan-bahannya serta manfaat yang diperoleh.

3. Bento ala Jepang

Bento aneka bentuk yang lucu ala Jepang

Bento aneka bentuk yang lucu ala Jepang. (Foto: Instagram @hinano_akane)

Jajanan yang anak beli di sekolah tidak jarang mengandung MSG dalam jumlah banyak. Padahal MSG jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menganggu kesehatan anak.

Yuk, ajari anak membuat bento lucu ala Jepang di rumah. Bento ala Jepang yang berbentuk lucu pasti akan membuat anak semangat untuk menyantapnya.

Biarkan anak memilih menu bento yang akan dibuat. Kreasikan dengan aneka sayuran sehingga walaupun bentuknya lucu namun tidak mengurangi nilai gizinya.

4. Mac and Cheese

Mac and Cheese

Mac and Cheese. (Foto: Instagram @texasfoodreview)

Kudapan kekinian ini sekarang tengah digandrungi oleh anak-anak. Perpaduan makaroni dan keju yang asin gurih menjadi favorit untuk santap siang atau sebagai camilan.

Membuat mac and cheese di akhir pekan bersama anak akan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Ajak anak untuk membantu ibu membuat saus dan menaburkan keju diatas mac and cheese.

Agar lebih sehat, ibu dapat menambahkan aneka sayuran seperti brokoli dan wortel sebagai campuran makaroni. Yang terpenting adalah tetap awasi anak ketika sedang memasak saus dan memotong sayuran agar tidak terjadi cedera.

5. Banana Nugget

Banana Nugget

Banana Nugget. (Foto: Instagram @bananugget_jkt)

Makanan manis adalah salah satu makanan favorit anak. Anak pasti akan senang jika dibuatkan jajanan manis di rumah. Salah satunya adalah banana nugget yang sedang populer belakangan ini.

Pisang mengandung kalsium dan potassium yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang anak.

Anak akan senang jika diajak untuk berkreasi dengan topping banana nugget. Banana nugget dapat diberi topping aneka selai buah, cokelat, keju, atau oreo kesukaan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *