5 'Badai' yang Menerpa SM Entertainment Sepanjang Tahun 2017

Posted on

SM Entertainment

SM Entertainment. (Foto: SM Entertainment)

Tahun 2017 bisa menjadi tahun yang berat bagi salah satu agensi raksasa Korea Selatan, SM Entertainment. Agensi yang dipimpin oleh Lee Soo-man ini harus menghadapi sederet kasus hukum yang menimpa artis mereka. Selain kasus hukum, beberapa anggota girlband legendaris mereka, SNSD memutuskan untuk tidak lagi melanjutkan kontrak mereka bersama SM. Keluarnya tiga member SNSD ini tentu membuat banyak fans patah hati dan tak rela melihat grup kesayangan mereka tak lagi sama.

Berikut ini kumparan (kumparan.com) merangkum 5 'badai' yang menerpa artis SM Entertainment sepanjang tahun 2017.


1. Onew Shinee

Onew SHINee

Onew SHINee. (Foto: Instagram/@dlstmxkakwldrl)

Pada 12 Agustus lalu, seorang wanita melaporkan Onew SHINee atas tuduhan pelecehan seksual. Dalam laporannya, wanita yang berusia 20-an tersebut mengatakan Onew menyentuh bagian tubuhnya sebanyak 3 kali saat berada di sebuah kelab malam di Gangnam. Meski tuntutan atas dugaan pelecehan seksual tersebut sudah dicabut, pihak kepolisian tetap melanjutkan proses hukum.

Karena keterlibatan dirinya dengan kasus hukum, pria kelahiran 1989 ini memutuskan untuk mengundurkan diri dari drama 'Age of Youth 2'. Selain itu is juga memilih untuk hiatus dari segala kegiatannya dan absen dari berbagai aktivitas SHINee, di antaranya konser akbar SHINee di Tokyo Dome Jepang dan konser 'Shilla Beauty Concert' yang digelar di Singapura beberapa waktu lalu.

Setelah empat bulan berlalu Onew akhirnya angkat bicara lewat surat permintaan maaf yang dibuat dengan tulisan tangan.

2. Tiffany, Soo-young dan Seo-hyun hengkang dari SM

SNSD

SNSD Tiffany, Sooyoung dan Seohyun. (Foto: SM Entertainment)

Pada 9 Oktober lalu, usai berdiskusi panjang dengan SM Entertainment, Sooyoung, Seohyun, dan Tiffany memutuskan untuk tidak memperbarui kontrak dengan agensi yang sudah membesarkan nama mereka.

Meskipun kini hanya 5 anggota SNSD yang masih berada di SM tetapi agensi tersebut mengatakan bahwa mereka tidak akan membubarkan SNSD.

Dikabarkan Tiffany, Soo-young dan Seo-hyun hanya keluar dari agensi SM namun masih menjadi bagian dari SNSD.

Seo-hyun kabarnya bergabung dengan Sublime Artist Agency sebagai agensi barunya meskipun belum ada konfirmasi resmi, Sooyoung SNSD memilih bergabung dengan agensi Echo Global Group, sedangkan Tiffany saat ini tinggal di LA sebagai mahasiswa dengan jurusan akting. Ketiganya juga masih menjalin komunikasi dengan para artis SM lainnya termasuk anggota SNSD sendiri.


3. Siwon Super Junior

Siwon dan anjingnya, Bugsy

Siwon dan anjingnya, Bugsy (Foto: ​Twitter/@siwonchoi​)

Pada 30 September lalu, seorang wanita berusia 31 tahun tewas setelah menjadi korban gigitan anjing french bulldog milik keluarga Siwon Super Junior. Korban yang ternyata merupakan CEO restoran Hanilkwan ini dinyatakan terkena sepsis atau keracunan darah.

Siwon merasa bersalah hingga menyatakan permintaan maafnya di akun Instagram-nya.

Mewakili keluarga Kim, adik dari sang CEO menyatakan bahwa pihaknya tidak akan membawa masalah tersebut ke ranah hukum dan mereka juga telah menerima permintaan maaf dari Siwon dan keluarganya. Bahkan penyanyi berusia 31 tahun ini juga datang ke pemakaman dan terlihat sangat berduka.

Akibat kejadian ini Siwon absen dalam promosi album baru dan beberapa jadwal SuJu termasuk syuting variety show dan tampil dalam acara musik. Selain itu banyak netizen yang meminta dirinya keluar dari drama 'Revolutionary Love'. Karena saat peristiwa ini terjadi, stasiun televisi tvN sedang menayangkan K-drama yang dibintanginya itu. Atas desakan netizen, Pemerintah Korea Selatan pun memperkuat aturan hukum yang berhubungan dengan pemeliharaan anjing setelah kasus ini terjadi.

4. Kangin Super Junior

Kangin 'Super Junior'

Kangin 'Super Junior' (Foto: Facebook @superjunior)

Kangin 'Super Junior' kembali berurusan dengan polisi pada 17 November lalu. Dia dilaporkan telah menyerang seorang wanita dalam sebuah bar di daerah Gangnam, Seoul, Korea Selatan, pada pukul 04.30 waktu setempat.

Saat kejadian berlangsung, Kangin disebut dalam kondisi mabuk, namun dia tidak benar-benar di bawah pengaruh alkohol. Meski wanita tersebut tidak menuntutnya, pria yang saat itu tengah hiatus dari aktivitas Super Junior tersebut kembali menjadi sorotan.

Melalui agensinya, SM Entertainment, Kangin pun menyampaikan permintaan maafnya kepada publik dan kepada pihak yang terlibat dalam kejadian ini. Ini adalah keempat kalinya Kangin berurusan dengan polisi dalam beberapa tahun terakhir. Di tahun 2009, pelantun 'Please Call My Name' ini terlibat perkelahian di sebuah bar di area Gangnam. Di tahun yang sama, ia juga diketahui terlibat kasus tabrak lari di bawah pengaruh alkohol dengan sebuah taksi.


5. Taeyeon SNSD

Taeyeon SNSD di countdown Asian Games 2018

Taeyeon SNSD (Foto: Niken Anggun/kumparan)

Mobil Marcedes-Benz yang dikendarai Taeyeon menabrak taksi yang kemudian secara beruntun juga menabrak sebuah mobil Audi di depannya pada 28 November silam. Kecelakaan ini terjadi sekitar pukul 19.40 waktu setempat di kawasan Gangnam, Seoul. Taeyeon dikabarkan sedang berkendara di jalan 3 jalur dari arah stasiun Hakdong menuju stasiun Nonhyeon. Taeyeon menabrak kendaraan di depannya saat berada di jalur 1.

Sempat beredar rumor yang mengatakan bahwa Leader SNSD ini mendapat perlakuan spesial dari petugas medis dan polisi. Namun hal ini langsung dibantah oleh pihak kepolisian. Dalam sebuah pernyataan resmi polisi dan tim medis membantah semua isu yang menyudutkan Taeyeon dan polisi.

Lewat akun instagramnya, Taeyeon juga mengklarifikasi semua isu miring tersebut. SM Entertainment dan Taeyeon kemudian mengumumkan akan menuntut pihak-pihak yang menyebarkan fakta palsu dan komentar jahat terkait insiden ini.

Penyanyi lagu 'I' ini mengaku bersalah atas kecelakaan tersebut dan akan bertanggung jawab dengan membayar kerugian yang dialami korban dan menangani kerusakan yang ada melalui perusahaan asuransi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *