5 Aksi Penyelamatan Terbaik Choirul Huda

Posted on

Kiper Persela Lamongan Choirul Huda.

Kiper Persela Lamongan Choirul Huda (Foto: Dok. PSSI)

Choirul Huda, kapten sekaligus kiper legendaris Persela Lamongan, mengembuskan napas terakhirnya pada Minggu (15/10/2017) pukul 17.15 WIB di ruang Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soegiri, Lamongan.

Kiper berusia 38 tahun itu dibawa ke rumah sakit setelah pingsan di lapangan akibat berbenturan dengan Ramon Rodrigues, rekan satu timnya yang berposisi sebagai bek. Saat itu, Huda sedang berusaha memotong bola yang menuju ke gawangnya.

Penjaga gawang kawakan itu selama ini memang dikenal salah satu kiper terbaik di Indonesia. Ia terkenal memiliki refleks yang baik serta kegigihan dalam menjaga gawangnya dari serangan pemain-pemain lawan.

Satria Tama, kiper muda timnas U-22 yang namanya melejit akibat penampilan apiknya dalam SEA Games 2017, bahkan secara terus terang mengatakan bahwa dirinya mengidolakan Choirul Huda.

Ada dua penjaga gawang yang diidolakan Tama, yakni Choirul Huda dari Indonesia dan Manuel Nueur dari Jerman. Menurutnya, kedua kiper itu sangat berwibawa dan memiliki ketenangan dalam menjaga gawang dan menjadi referensinya ketika berada di lapangan.

Selama berkiprah di Liga Indonesia, Huda sering kali menampilan aksi-aksi penyelamatan yang mengagumkan. Maka, tak heran ia dikagumi oleh banyak pihak, tak terkecuali sesama pemain, termasuk Satria Tama.

Berikut ini adalah lima aksi penyelamatan terbaik Choirul Huda yang dirangkum oleh kumparan (kumparan.com).

1. Aksi Menggagalkan Penalti Top Skorer Sementara Liga 1

Dalam usianya yang tak lagi muda, Choirul Huda tetap dipercaya menjadi penjaga gawang utama Persela Lamongan pada musim ini. Dalam gelaran Liga 1 ini, ia merupakan salah satu pemain veteran alias pemain yang berusia lebih dari 35 tahun yang masih dipercaya menjadi pemain utama di dalam timnya.

Dalam pertandingan antara Persela Lamogan melawan Bali United FC, Huda sempat menampilkan aksi memukau saat berhasil menggagalkan tendangan penalti Sylvano Comvalius, penyerang asing Bali United yang kini menjadi top skorer sementara Liga 1.

Dengan jumlah golnya yang kini mencapai 30, Comvalius hampir bisa dipastikan akan menjadi top skorer di pengujung liga. Akan tetapi, ketajaman Comvalius rupanya bisa dihentikan oleh Huda bahkan ketika Comvalius mendapat kesempatan melakukan tendangan penalti.

2. Aksi Menepis Tendangan-Tendangan Keras

Dalam kompetisi Piala Presiden yang digelar pada awal 2017 ini, Choirul Huda juga sempat menampilkan aksi-aksinya terbaiknya. Dalam pertandingan antara Persela Lamongan dan Persiba Balikpapan, Huda sempat menimbulkan decak kagum tatkala ia berhasil menepis tendangan-tendangan keras dari para pemain Persiba.

3. Aksi Menghalau Tendangan Bebas van Dijk

Masih ingat nama Sergio van Dijk? Penyerang naturalisasi yang sempat menjadi idola Bobotoh ini terkenal dengan kemampuannya mengeksekusi tendangan bebas. Akan tetapi, bagi Choirul Huda, itu bukanlah masalah.

Masih dalam kompetisi Piala Presiden 2017, saat Persela Lamongan bertemu dengan Persib Bandung, Huda sempat menujukkan penampilan memukau ketika berhasil menepis tendangan bebas Van Dijk.

4. Aksi Menghadang Tembakan dari Pemain-Pemain Papua

Aksi menawan Choirul Huda sering kali membuat Persela Lamongan berhasil memenangkan pertandingan melawan tim-tim besar Tanah Air. Salah satunya adalah ketika Persela melawan Persipura Jayapura dalam kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2014.

Dalam pertandingan itu Huda berhasil memotong laju bola yang sempat dikuasai oleh Titus Bonai. Huda sukses menangkap bola tersebut sebelum penyerang asal Papua itu sempat menendang bola ke arah gawangnya.

Tak hanya menghadang peluang dariTitus Bonai, dalam pertandingan yang berhasil dimenanhkan oleh Persela dengan skor 2-0 itu, Huda juga sempat menepis tembakan keras dari Boaz Solossa, kapten Persipura yang merupakan pemain langganan Timnas Indonesia, serta tembakan keras dari pemain asing Robertino Pugliara.

4. Aksi Menepis Bola Hasil Sepakan sang Spesialis Tendangan Bebas

Di Liga Indonesia, Hilton Moreira merupakan pemain asing yang terkenal sebagai spesialis tendangan bebas. Banyak gol telah ia hasilkan dari posisi tendangan bebas.

Namun, tidaklah mudah menciptakan gol ke gawang Choirul Huda. Hal itulah yang rupanya dirasakan oleh Hilton.

Dalam pertandingan Sriwijaya FC melawan Persela Lamongan, Huda berhasil menepis tendangan bebas Hilton secara sempurna. Aksi Huda tersebut masuk sebagai 20 aksi penyelamatan terbaik selama paruh musim Liga 1 2017 dalam video di atas, dan dapat disaksikan pada menit pertama video tersebut.

Kini, banyak orang akan merasa kehilangan terhadap aksi-aksi penyelamatan yang tak bisa lagi ditampilkan oleh Choirul Huda. Sebab, nyawa sang kiper yang begitu setia dengan satu klub –Persela Lamongan– itu tak berhasil diselamatkan setelah mengalami benturan keras dalam pertandingan sore hari ini.

Selamat jalan, Choirul Huda! Aksi-aksi penyelamatan terbaikmu akan selalu kami kenang.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *